Sarapan Nikmat Pendukung Gaya Hidup Sehat

500bbb650353996d619f677eaa801ca1f9ac7c05.jpeg

Semangkuk bubur ayam hangat di pagi hari tampaknya cocok untuk mengawali rutinitas di pagi hari. Sarapan memang menjadi poin penting dalam gaya hidup sehat. Lewat kegiatan makan pagi ini, tubuh akan mendapatkan banyak energi dan siap untuk beraktivitas sepanjang hari. Nah, untuk mendapatkan semua itu, diperlukan menu-menu sarapan yang bergizi tinggi.

Apa saja yang perlu diketahui tentang sarapan sehat? Simak ulasannya berikut ini ya.

Kebutuhan kalori
Secara umum tubuh kebutuhan kalori rata-rata tubuh wanita pada kisaran 1000 sampai 2000 kalori per hari. Sedangkan pria membutuhkan asupan gizi sebanyak 1200 hingga 1600 kalori setiap harinya. Hal ini sesuai dengan penjelasan National Heart, Lung and Blood Institute. Sedangkan untuk kebutuhan diet harian, Harvard Health Publications menjelaskan kebutuhan nutrisi harian sebanyak 1200 kalori dan pria membutuhkan sumber gizi  sebanyak 1500 kalori. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan kebutuhan kalori harian ini, khususnya tentang jumlah kalori yang perlu disajikan saat sarapan.

Makanan kaya protein
Upayakan menu sarapan yang dihidangkan kaya sumber protein. Energi yang dihasilkan dari proses pembakaran karbohidrat lebih rendah dan tidak tahan lama. Sebaliknya, kalori yang bersumber dari protein dapat memberikan energi yang lebih besar dan bisa bertahan lebih lama. Demikian hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition. Selanjutnya, hasil penelitian American Journal of Clinical menambahkan yogurt Yunani, keju rendah lemak, susu skim dan telur rebus dapat menjadi pilihan menu sarapan yang kaya sumber protein.

Kaya serat
Selain kaya protein, hidangan sarapan pagi juga kaya serat. Sumber nutrisi ini banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayur. Di samping itu, serat yang baik juga banyak ditemukan dalam roti gandum. Oatmeal dan beras merah. Serat dapat membantu penyerapan nutrisi menjadi lebih maksimal dan membuat proses pencernaan lebih lancar. Bila dihidangkan secara rutin, nutrisi ini dapat membantu melancarkan proses tumbuh kembang anak. Demikian penjelasan hasil penelitian dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.

Kombinasikan semua gizi
Supaya bisa mendapatkan manfaat gizi yang sempurna, kombinasikan sumber nutrisi ini dalam sajian sarapan yang lezat dan sehat. Misalnya saja, menggabungkan susu rendah lemak dengan sereal gandum serta irisan beberapa almond dan stroberi. Bisa juga mengombinasikan oatmeal tawar dengan keju tanpa lemak atau yogurt Yunani dan irisan apel. Ingin kreasi beda? Kombinasi susu rendah lemak atau susu kedelai, yogurt Yunani dan stroberi beku dapat Anda jadikan smoothie lezat tinggi protein. Viola!

Tertarik untuk mencobanya?

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini