Protein, Makna, dan Manfaatnya

0619578bcda4858f810341f023669d2c23412c1f.jpeg

Mungkin sudah cukup masyur dikenal di kalangan masyarakat tentang protein. Sumber nutrisi ini memang cukup sering disebutkan, baik dalam setiap iklan, berita hingga label nutrisi sebuah makanan atau minuman kemasan. Namun, jika ditanya secara detil tentang pengertian protein itu sendiri bisa dibilang hanya segelintir orang yang memahaminya.

Menurut Budi Utomo, S.Pd., protein merupakan zat gizi yang sangat penting dan erat kaitannya dengan proses kehidupan. Hal ini bukan tanpa alasan, protein memang salah nutrisi yang memiliki peran dalam pembentukan sel dalam tubuh. Di dalamnya dapat ditemukan beragam asam amino yang juga penting untuk menunjang kesehatan tubuh.

Secara lebih lengkap, asam amino dalam protein sebanyak 20 dan delapan di antaranya berupa asam amino esensial. Beberapa jenis di antaranya adalah isoleusin, leusin, lisin, metionin, triptofan dan visin. Semua jenis asam amino ini harus tercukupi secara maksimal supaya tubuh dapat melangsungkan proses metabolisme lebih lancar.

Sumber asam amino sebenarnya sama dengan protein. Dengan kata lain, jika Anda memakan makanan yang mengandung asam amino, kebutuhan protein dalam tubuh juga otomatis akan terpenuhi. Sebab, protein akan diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana dan itu merupakan asam amino selama prosesnya dalam tubuh.

Maka dari itu, menghidangkan sumber protein yang seimbang dalam menu harian sangatlah diperlukan. Ada dua pilihan sumber protein yang dapat Anda manfaatkan. Pertama, sumber protein nabati yang bersumber dari tanaman, seperti kacang-kacangan, kedelai, tempe dan tahu. Ada pula sumber protein yang berasal dari hewan, seperti ikan, daging, ayam, telur dan juga susu sapi.

Sajikan makanan-makanan tersebut dengan olahan yang menarik. Kombinasikan dengan beberapa sumber gizi yang lain, seperti vitamin, lemak dan tentunya karbohidrat. Sajikan secara seimbang dan tidak berlebihan salah satunya. Dengan menu yang ideal, tubuh akan mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Hasilnya, Anda dapat memiliki tubuh yang bugar dan sehat setiap saat.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini