Pilihan Camilan Kukus Pendamping Menu Diet

6c06d229fee73f7953088d6b8fd126494924b180.jpeg

Hanya karena sedang diet bukan berarti tidak boleh mengudap. Bahkan mengudap akan menyelamatkan diri Anda agar tidak makan berlebihan di waktu makan berikutnya. Pastikan jajanan yang dipilih adalah jenis makanan yang rendah lemak, sehat, dan lezat. Ada beberapa pilihan makanan serba dikukus yang siap jadi pendamping menu diet.

Siomay

Siomay terinspirasi oleh makanan ringan asal Cina yang dikenal dengan nama Dim Sum, tapi mempunyai bentuk kerucut. Biasanya bahan utama dalam pembuatan siomay adalah ikan kukus seperti tenggiri, tuna, mackerel, dan udang yang dibalut kulit pangsit. Tapi ada juga yang membuat variasi menggunakan daging ayam, untuk menghindari alergi terhadap makanan laut. Satu buah siomay mengandung 41 Kalori, 0,98 gram lemak, 3,54 gram karbohidrat, dan 4,27 gram protein. Siomay dapat dimasukkan dalam daftar kudapan sehat karena proses memasaknya yang tidak melibatkan minyak. Jangan lupa untuk menghindari penggunaan saus untuk memotong asupan Kalori yang tidak dibutuhkan tubuh.

Lemper

Mirip dengan kudapan asal Cina, Bakcang, lemper adalah hidangan Indonesia yang terbuat dari beras ketan dengan isian ayam, ikan, atau abon.  Ciri khas kudapan ini adalah gulungan beras ketan lengkap dengan isiannya, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Dalam satu porsi lemper atau sekitar 80 gram, mengandung 177 Kalori, 2,9 gram lemak, 34,7 gram karbohidrat, dan 3 gram protein. Karena mengandung Kalori cukup tinggi, perhatikan asupan nutrisi Anda selama sehari sebelum memakannya, atau gunakan lemper sebagai pengganti makan siang.

Otak-otak Ikan

Otak-otak adalah kudapan khas Indonesia yang terbuat dari daging ikan yang sudah digiling dan dicampur dengan tepung tapioka dan rempah-rempah. Selain dipanggang, otak-otak ikan juga bisa disajikan dengan cara dikukus, biasanya tanpa menggunakan daun pembungkus. Paling sedap dimakan saat panas, sebagai lauk atau kudapan pendamping minum teh. Per 100 gram penyajian, Anda akan mendapatkan 18 Kalori. Batasi pemakaian saus pendamping otak-otak seperti cuko atau saus sambal kacang.

Bakpau Ayam

Bakpau ayam terinspirasi oleh makanan populer di China, Baozi, yang dimakan sebagai sarapan atau kudapan yang bisa dibawa kemana-mana. Bakpao terbuat dari adonan roti, diberi isian, kemudian dikukus. Penggunaan isian ayam akan memberikan tambahan nutrisi protein dan lemak yang dibutuhkan dalam menu diet Anda. Batasi konsumsinya cukup 1 buah sehari karena mengandung 147 Kalori dalam setiap 100 gram penyajian.

Diet tak harus menderita kok, pilih makanan yang mempunyai kandungan nutrisi lengkap dan dipersiapkan dengan  cara yang sehat.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini