Pilih-pilih Udang Segar, Yuk!

a96299261d24d846ea6b8bddb5f66d2ce069f815.jpeg

Udang sudah bukan makanan asing lagi bagi pecinta seafood. Ada macam-macam udang yang dapat diolah menjadi makanan yang lezat, misalnya udang galah dan windu. Cara pengolahannya pun beraneka ragam, mulai dari digoreng, dikukus, direbus, hingga dibakar.

Untuk Ibu yang suka memasak dan memakan udang, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih udang segar sebagai bahan hidangan favorit keluarga.

Bau

Saat memilih udang, jangan ragu untuk mencium aromanya untuk menentukan kesegarannya. Belilah udang yang tidak berbau amis atau ada sisa-sisa ammonia. Tanda ini bisa berarti udang sudah dipanen sejak lama atau melalui cara penyimpanan yang kurang tepat.

Bentuk

Bentuk udang yang masih lengkap dengan kepala, ekor dan kakinya menunjukkan kondisi yang masih segar. Memasak udang yang masih berkulit keras akan memberikan rasa yang lebih sedap. Pilih yang badannya masih mengkilap, tidak rusak, atau licin, dengan mata yang juga masih menonjol, tidak menyusut ke dalam, atau hilang.

Warna

Udang yang masih dalam kondisi baik akan memberikan warna abu-abu hingga biru kehijauan. Karena pigmen yang dikandungnya, udang akan berubah warna menjadi merah muda setelah melalui proses pemasakan. Jika yang akan Anda pilih mengalami perubahan warna atau menjadi transparan dari bagian kepala hingga ekor, hal ini menjadi indikasi bahwa daging udang mulai busuk.

Memilih Udang Beku

Jika kesulitan mendapatkan udang yang masih dalam keadaan mentah dan segar, udang yang dibekukan bisa jadi pilhan yang cukup baik. Proses pembekuan biasanya tidak mengubah rasa dan tidak lembek, sehingga masih bisa diolah menjadi makanan favorit keluarga. Yang perlu dihindari adalah membeli udang yang sudah dikupas, dimasak, lalu dibekukan karena rasanya menjadi hambar, pahit, dan berair.

Cara Menyimpan yang Benar

Semua seafood, tidak hanya udang, harus disimpan dalam lemari es sesegera mungkin setelah pembelian. Sebenarnya cara terbaik untuk menjaga daging udang tetap segar, enak, dan tinggi nilai nutrisinya adalah dengan memasaknya pada hari yang sama dengan pembelian. Tapi jika ingin disimpan dalam lemari es, udang dapat bertahan maksimal selama 3 hari. Untuk menyimpan rasa dan kandungan gizinya, simpan udang dalam keadaan utuh di dalam wadah tertutup dan letakkan di atas semangkuk es. Sebelum dimasak, keluarkan dan tunggu mencair dalam suhu ruang.

Tidak sulit kan membedakan udang yang masih segar. Selamat berbelanja ya, Bu.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini