Peran Penting Nasi Hitam Untuk Menu Diet

574bdc2c5d802dbdf6546865a64263704f241128.jpeg

Bosan dengan makanan yang nasi putih? Sebenarnya Anda masih bisa memakan sumber karbohidrat lain yang lebih kaya serat dan gizi. Nasi putih dikenal memiliki kandungan gula yang tinggi. Selain itu, kadar seratnya yang rendah membuat nasi putih lebih cepat dicerna dan mudah membuat lapar. Hal ini tentu kurang baik untuk sajian menu diet yang mengutamakan sajian rendah kalori namun tak mudah membuat perut lapar.

Solusinya bisa memakan nasi hitam. Simak alasan pentingnya nasi hitam dalam menu diet.

Sumber nutrisi

Nasi hitam dimasak dari jenis beras hitam yang kaya sumber nutrisi. Seperti halnya beras merah yang memliliki kulit ari yang lebih tebal karena tidak dikupas secara keseluruhan, beras hitam juga memiliki kulit ari yang masih utuh. Dari kulit ari yang menyelimuti bulir beras inilah banyak ditemukan vitamin dan antioksidan yang sangat melimpah. dalam 100 gram beras hitam dapat dijumpai 8 gram protein, 3,5 gram zat besi dan 4,9 gram serat. Jumlah protein dan serat ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan beras merah, cokelat maupun putih.

Antioksidan

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Profesor Zhimin Xu dari Louisiana State University, menjelaskan satu sendok beras hitam mengandung antioksidan yang setara dengan antioksidan dalam beberapa buah blueberries. Warna hitam pada beras disebabkan oleh antosianin, yaitu sejenis zat dari tumbuh-tumbuhan yang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Baik untuk jantung

Tak hanya serat yang dapat membantu proses diet sehat, Journal of Nutrition melaporkan beberapa nutrisi yang ada dalam beras hitam memiliki peranan yang sangat penting untuk menghindarkan jantung dari beragam gangguan. Misalnya saja, antioksidan beras hitam bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan bisa mencegah beragam zat kimia berbahaya seperti radikal bebas. Bila dibiarkan begitu saja, gangguan ini bisa mendatangkan risiko penyakit jantung.

Mencegah inflamasi

Rutin menyajikan nasi hitam dalam menu sehat sehari-hari bisa membantu daya tahan tubuh meningkat. Selain itu, American Chemical Society menyebutkan bila beras hitam mengandung zat yang bisa berperan sebagai anti-inflamasi.

Konsumsilah beras ini untuk sajian makan siang atau makan malam. Anda bisa mengkombinasikannya dengan sereal maupun roti gandum yang lebih pas disajikan saat sarapan.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini