Olahraga Saat Puasa Itu Harus!

7e1b52b154e6d6dd119b6fb432cb02bbd8b42ffe.jpeg

Maksimalkan puasa dengan rutin bergerak bersama keluarga.

Meski harus menahan haus dan lapar seharian, bukan berarti kita boleh absen berolahraga. Mengapa? Sebab olahraga justru bisa membantu kita dalam proses pengeluaran racun dari tubuh. Ketika saluran pencernaan “diberhentikan” untuk detoksifikasi selama bulan puasa, maka olahraga akan memegang peran mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Inilah yang kemudian membuat detoksifikasi tubuhberjalan sempurna.

Karena selama puasa persediaan air kita terbatas, maka disarankan agar kita mencari olahraga sederhana yang tidak menghabiskan cadangan energi maupun air dalam tubuh. Pilihlah yoga atau pilates sebagai aktivitas fisik kita selama bulan Ramadhan. Kedua olahraga ini sangat aman bagi siapapun. Lakukan setiap gerakan dengan penuh konsentrasi dan hindari godaan bergerak cepat hanya untuk memperbanyak keringat.


Lalu, kapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga saat berpuasa? Idealnya 30 menit atau 2 jam menjelang waktu berbuka. Karena selepas berolahraga, keringat yang keluar membuat kita jadi haus. Berbukalah dengan meneguk 1-2 gelas air bersuhu sejuk. Air ini juga yang akan membantu tubuh menormalkan sistem kerjanya.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini