Menurunkan Berat Badan dengan Tren Diet Terkini

9c641ec6d9ff68dd3c3522c521e569b14e28f59b.jpeg

Pecinta gaya hidup sehat kini semakin dimanjakan dengan berbagai pilihan cara untuk menurunkan berat badan. Seperti dengan hadirnya diet vegan dan paleo yang bisa menurunkan berat badan dengan cara mengonsumsi makanan rendak lemak dan karbohidrat, atau mediterania yang hanya mengonsumsi bahan makanan alami dan menghindari semua nutrisi buatan. Bagaikan mode dan gaya hidup, diet untuk menurunkan berat badan juga memiliki tren yang datang dan pergi. Apa sajakah tren diet yang akan populer di tahun 2016 ini? Berikut prediksi para ahli nutrisi, diet dan kesehatan.

Diet Prebiotik

Menurut pakar gizi Keri Glassman, ada diet yang bertujuan untuk menjaga kesehatan usus. “Diet ini sudah ditelisik oleh banyak penelitian," ujarnya dikutip dari CBS News. Penelitian tersebut mempelajari adanya keterkaitan usus dengan otak serta relasi berat badan dengan kesehatan usus.

Penelitian menunjukkan bahwa keseimbangan bakteri sehat di dalam tubuh dapat membantu mengatur menurunkan berat badan dan menangkal berbagai masalah kesehatan. Makanan yang harus banyak dikonsumsi dalam diet ini adalah yogurt, Sauerkraut (sejenis kimci), Kefir (sejenis yogurt), susu probiotik, dan tempe.

Baca Juga: Raw Diet, Paleo diet, apa sih itu? Yuk kenali macam diet yang tengah populer saat ini.

DASH diet

Menurut para dokter di Amerika dalam penelitian yang dilakukan oleh US News & World Report, diet ini awalnya bertujuan menurunkan tekanan darah tinggi, namun ternyata juga bisa menurunkan berat badan. Diciptakan oleh seorang ahli nutrisi bernama Marla Heller yang merupakan singkatan dari Dietary Approach to Stop Hypertension.

Seperti yang dikutip dari situs resminya, Dashdiet.org, diet ini bekerja dengan membuat program makan sehat yang sumbernya datang dari buah, daging murni tanpa lemak dan biji-bijian kaya serat. Penerapannya dibagi menjadi empat tahap; membatasi asupan makanan berlemak, meningkatkan asupan protein, meningkatkan konsumsi mineral dan serat serta mengontrol asupan kalori.

Diet Sup

Jangan bayangkan sup yang segar dan gurih karena berisi kaldu, lada, garam dan penyedap rasa. Sejak diperkenalkan oleh selebriti dunia, Gwyneth Paltrow, diet ini jadi favorit banyak orang untuk menurunkan berat badan. Caranya dengan memasak semangkuk sup berisi sayur-sayuran mentah tanpa menambahkan sedikitpun bumbu penyedap.

Kuncinya, tidak boleh menambahkan garam, gula, mentega, minyak, ataupun lemak jahat lainnya. Diikuti banyak selebriti lainnya, kini sajian tersebut semakin beragam, mulai dari sup ayam, edamame, miso, tomat, buncis hingga bayam.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini