Menu Sarapan Pagi Sehat yang Bisa Dibuat Sendiri oleh Anak

alt-1b.jpg

Bu, selain merupakan bagian penting dalam pemenuhan gizi harian anak, sarapan pagi juga merupakan bekal dan sumber energi bagi anak dalam memulai aktivitasnya. Sarapan pagi yang sehat akan membantu memberi asupan gizi yang dibutuhkan anak dalam proses tumbuh kembangnya. Bagi anak usia sekolah tentunya termasuk untuk gizi yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas fisik maupun aktivitas belajarnya. Karena itu, sangat penting bagi anak untuk menyantap menu sarapan pagi yang sehat dan mengandung gizi seimbang.

Nah, Ibu dapat memanfaatkan waktu sarapan pagi saat akhir pekan menjadi aktivitas ‘belajar’ bagi anak. Caranya adalah dengan mengajak anak membuat menu sarapan pagi sehat sendiri. Melalui aktivitas ini Ibu bisa mengisi waktu anak di pagi hari, mengajarkan kemandirian, mengembangkan motorik halusnya, sekaligus mengenalkan dan menerapkan pola makan sehat. Berikut ini adalah benerapa hal yang perlu Ibu perhatikan saat mengajak anak menyiapkan sarapan pagi sendiri.

  1. Sertakan biji-bijian serealia sumber karbohidrat, buah, maupun susu dan produk olahannya dalam menu sarapan pagi. Tentunya sumber pangan yang digunakan bisa bervariasi. Misalnya beras atau gandum, susu atau yogurt, berbagai jenis buah, dan lain sebagainya. Pilih menu sehat yang tidak terlalu banyak menggunakan jenis bahan supaya anak tidak kesulitan.
  1. Libatkan anak dalam memilih menu yang ia inginkan. Tentunya tetap dengan mengarahkan dan memperkenalkan menu sarapan pagi seperti apa yang baik dan menyehatkan baginya. Ibu dapat sekaligus memperkenalkan kandungan gizi dari berbagai bahan pangan.
  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan sebelumnya. Apalagi jika anak di usia sekolah dan kemudian akan melakukan kegiatan belajar dari rumah. Jika Ibu sudah menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan sebelumnya, tentu proses menyiapkan sarapan pagi tidak akan terlalu lama.
  1. Pilih menu yang mudah dibuat oleh anak tetapi tetap mengandung gizi seimbang. Berikut ini adalah beberapa jenis sarapan pagi yang dapat dengan mudah dibuat sendiri oleh anak.

    a. Yogurt dengan topping
    Anak tinggal menuang yogurt kesukaannya ke dalam mangkuk dan menambahkan toping buah yang ia sukai. Anak juga bisa menambahkan taburan lain yang menyehatkan seperti cereal sarapan, granola, dan sebagainya. Jika ingin rasa manis, ia bisa menambahkan madu. Semuanya mudah dilakukan oleh anak dengan sedikit bantuan dari Ibu. Anak juga bisa membuat berbagai variasi dari menu sarapan pagi ini. Misalnya Banana Yogurt Granola dan Oatmeal Blueberry Yogurt.

    b. Roti isi
    Roti isi bisa jadi pilihan sarapan pagi sehat untuk anak karena ada banyak variasi isian yang bisa dipilih dan membuatnya pun cukup mudah bagi anak dengan sedikit bantuan Ibu. Jika ada isian yang perlu dimasak terlebih dahulu, Ibu bisa melakukannya untuk anak. untuk membuat roti isi, Ibu bisa memilih roti tawar putih, roti gandum atau jenis roti lainnya. Untuk isinya Ibu tak akan kehabisan pilihan. Jika bingung, ada banyak pilihan resep roti isi sederhana di website Sahabat Nestlé yang bisa dibuat bersama anak. Misalnya Ciabata Smoked Beef, Sandwich Pisang Keju, dan Garlic Prawn Sandwich.

    c. Bubur
    Bubur adalah salah satu pilihan pas untuk menu sarapan pagi. Salah satu jenis bubur yang dapat dengan mudah Ibu siapkan bersama anak di pagi hari adalah bubur oat atau bubur cereal. Ibu bisa memilih bubur cereal instan dan kemudian ditambah dengan berbagai toping supaya semakin kaya gizi. Misalnya resep bubur NESTUM Date Almond, NESTUM Strawberry Yogurt, dan Strawberry NESTUM Breakfast Bowl.

 

Tentunya sereal sarapan selalu bisa jadi pilihan sarapan pagi sehat bagi anak dan ia dapat dengan mudah menyiapkannya sendiri. Jangan lupa untuk selalu mendampingi dan membantu anak saat beraktivitas menyiapkan sarapan ya, Bu. Dan beri anak aktivitas yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya. Selamat menikmati sarapan sehat bersama anak.

 

 

Sumber:

https://www.scholastic.com/parents/school-success/learning-toolkit-blog/6-healthy-breakfast-tips-your-kids.html

https://www.familyeducation.com/school/breakfast/8-breakfasts-kids-can-cook-themselves

https://www.superhealthykids.com/recipes/10-healthy-breakfasts-help-kids-well-school/

https://www.sahabatnestle.co.id/category/resep