Menu Makanan Sehat untuk Anak yang Mudah Dibuat Bersama Anak

alt-1b.jpg

Bu, memasak bisa jadi pilihan aktivitas bersama anak saat harus di rumah saja seperti sekarang. Pasalnya, melalui aktivitas memasak anak bisa belajar banyak hal dan juga bisa jadi cara supaya anak semangat menghabiskan menu makanan sehat untuk anak yang dibuat. Melalui kegiatan memasak bersama, anak bisa mengenal berbagai jenis masakan sehat, mengenal zat gizi yang terkandung di dalamnya, mengembangkan kemampuan motorik halusnya dan bahkan mengembangkan kemampuan kognitifnya.

Nah, supaya kegiatan memasak bersama menu makanan sehat untuk anak berjalan lancar dan anak mendapatkan manfaatnya, tentunya ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan. Yuk Bu, simak beberapa tips untuk memasak bersama anak berikut ini.

  1. Libatkan anak sesuai usia dan tahap perkembangannya

Agar kegiatan memasak berjalan lancar, aman, dan efektif tentunya Ibu perlu memberi ‘tugas’ pada anak yang sesuai dengan usianya. Misalnya, untuk anak usia prasekolah Ibu bisa memintanya menghitung jumlah bahan-bahan yang dibutuhkan atau mengaduk adonan. Untuk anak usia sekolah Ibu bisa memintanya menimbang bahan-bahan, membaca resep, dan sebagainya. Tentunya semua aktivitas yang dilakukan anak perlu selalu dalam pengawasan orang tua, ya.

  1. Pilih resep yang sesuai dengan usia anak

Berkaitan dengan tips yang pertama, Ibu juga perlu memilih resep yang sesuai dengan kemampuan anak. Jika resep terlalu sulit, bisa-bisa anak hanya ‘menonton’ dan menjadi bosan. Mislanya, resep pizza cukup sesuai untuk anak usia prasekolah. Ibu dapat menyiapkan bahan-bahan sebelumnya dan kemudian anak bisa membantu mengoleskan saus dan meletakkan topping di atas adonan pizza.

  1. Ajarkan anak mengenai keamanan di dapur

Sebelum mulai, diskusikan pada anak mengenai keamanan di dapur. Apa yang boleh ia lakukan, dan apa yang tidak boleh. Apa yang boleh ia pegang dan apa yang tidak boleh. Mana peralatan yang boleh ia gunakan, dan mana yang hanya boleh digunakan oleh orang dewasa. Selain itu, Ibu juga perlu mengajarkan anak mengenai kebersihan saat memasak, seperti selalu mencuci tangan. Selama beraktivitas, Ibu juga perlu kembali mengingatkan anak mengenai hal ini.

  1. Siapkan bahan dan peralatan yang diperlukan sebelum mulai

Supaya Ibu bisa dengan mudah mengawasi anak saat memasak bersama, pastikan Ibu sudah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan sebelum mulai memasak. Untuk anak yang usianya lebih kecil, Ibu juga bisa memotong-motong bahan yang digunakan sebelumnya juga.

  1. Bersiap untuk membersihakan dapur setelahnya

Jangan berharap anak bisa melakukan aktivitas masak dengan rapih ya, Bu. Bersenang-senanglah bersama anak dan jangan terlalu memusingkan bahan-bahan yang tumpah atau noda di baju. Ibu bisa meminta anak menegnakan celemek dan mengalasi meja dapur terlebih dahulu supaya proses membersihkannya kemudian jadi lebih mudah.

 

Mengingat aktivitas memasak perlu disesuaikan dengan usia anak sekaligus supaya bisa menjadi cara untuk mengenalkan pola makan sehat pada anak, maka Ibu perlu memilih resep menu makanan sehat untuk anak yang cukup mudah untuk dibuat oleh anak. Berikut ini adalah beberapa resep dari Sahabat Nestlé yang kaya gizi sekaligus cocok untuk dibuat bersama anak.

  • Martabak Buah

Cocok untuk mengawali hari atau jadi teman belajar anak. Anak usia sekolah bisa membantu menimbang dan mencampur bahan-bahan, sementara anak usia prasekolahbisa membantu menghias topingnya. Lihat resep Martabak Buah di sini, yuk.

 

  • Healthy NESTUM Bar

Camilan sehat yang satu ini bisa Ibu dan anak buat untuk disimpan di toples dan dinikmati kemudian. Membuatnya tak sulit dan anak bisa membantu mencampur bahan-bahannya. Jika ingin coba membuat, Ibu bisa lihat resep Healthy NESTUM Bar di sini.

 

  • Banana Yogurt Granola

Tak perlu kompor untuk membuat menu bergizi yang satu ini, jadi pasti anak dapat dengan mudah membuatnya dengan diawasi Ibu. Tinggal tuang yogurt dan tambahkan topingnya. Untuk melihat bahan-bahan yang dibutuhkan, yuk lihat resep Banana Yogurt di link ini.

 

Ada banyak pilihan resep menu makanan sehat untuk anak lainnya yang bisa Ibu dapatkan di website Sahabat Nestlé. Ibu bahkan bisa mengajak anak untuk melihat-lihat dan memilih resep yang ingin ia coba buat. Seru, kan?

 

 

Sumber:

https://kidshealth.org/en/parents/kids-cook.html

https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/top-10-tips-cooking-kids

https://www.todaysparent.com/family/8-tips-for-cooking-with-kids/

https://www.sahabatnestle.co.id/category/resep