Menjajal Kungfu, Bela Diri China yang Tersohor

4f927770cf957adac5a7d6111cbd1942cdc0c1df.jpeg

Kalau suka nonton film Kung Fu jaman dulu pasti sudah tidak asing lagi dong dengan Bruce Lee atau Jackie Chan? Selain jago akting, kedua tokoh tersebut juga ahli bela diri Kung Fu. Di China, seni bela diri ini memang terkenal sekali, tak heran kalau banyak diangkat menjadi film atau serial.

Belajar kung fu itu tidak boleh sembarangan. Ada langkah-langkah khusus yang perlu diambil untuk menjadi seorang master. Tapi kalau Anda ingin mengajarkan seni bela diri ini pada si kecil, yuk simak tips yang berikut ini.

Persiapan

Sebelum mulai latihan, ada beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan. Mulai dari baju latihan yang nyaman dan ringan, matras, tiang yang kuat untuk latihan kelenturan tubuh, dan sarung tinju. Semua perlengkapan ini dibutuhkan untuk menunjang latihan si kecil supaya bisa menguasai dasar kung fu dengan mudah.

Jangan lupa juga untuk mencari mana  jenis kung fu yang ingin dipelajari. Anda bisa melihatnya via Youtube atau berdiskusi dengan seseorang yang ahli di bidangnya. Perlu diketahui kalau ada beberapa jenis Kung Fu yang terkenal seperti Wing Tsun, Wushu, dan Kenpo.

Pemanasan dan Latihan

Mengikutkan si kecil dalam kelas kung fu adalah pilihan terbaik untuk mengajarinya bela diri yang satu ini. Dia bisa belajar dari instruktur yang sudah ahli dalam kung fu. Bahkan berkesempatan untuk mengikuti berbagai macam kompetisi bela diri. Di rumah, Anda bisa mendukungnya lewat mengajak pemanasan ringan seperti jogging, push up, atau sit up. Bisa juga memberikan berbagai macam makanan sehat supaya bisa berlatih dengan penuh semangat. Hal semacam ini akan membuat si kecil termotivasi untuk berlatih sebaik mungkin.

Kung fu adalah bela diri yang mengandalkan kelenturan dan kecepatan. Latihan dasar kung fu terbilang remeh, namun memberikan efek yang besar bagi si kecil untuk menguasai gerakan level selanjutnya. Sama seperti karate, dalam kung fu juga ada tingkatan sabuk, di mana sabuk hitam adalah mereka yang disebut sebagai “master”.  Bela diri asal negeri tirai bambu ini bisa menjadi bekal pertahanan diri si kecil dan juga membuatnya jadi makin sehat. Selamat berlatih ya!

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini