ec6caea8d19d1e408ecf26b4d19b1167f515d23f.jpeg

Sayuran berdaun yang satu ini sudah digunakan dari jaman dulu untuk meningkatkan kesehatan, terutama untuk mengatasi gejala demam. Daun bawang biasanya hanya dijadikan sebagai bumbu masakan atau hiasan dari suatu hidangan. Padahal di balik bentuknya yang sederhana tersembunyi manfaat yang baik bagi kesehatan.

Yuk, simak manfaat mengonsumsi daun bawang di bawah ini.

Kaya akan vitamin C

Biasanya vitamin C diidentikkan dengan buah jeruk. Tapi banyak yang tidak menyadari bahwa daun bawang juga kaya akan vitamin ini. Washington State University mencatat bahwa 3,5 ons daun bawang mengandung 30% dari kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan per hari. Mendapatkan vitamin C melalui makanan sangat penting, karena tubuh tidak dapat memproduksi ataupun menyimpannya. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari polusi dan racun, berperan dalam proses penyembuhan tubuh, dan memberikan kontribusi untuk pemeliharaan kulit, tulang, kuku, serta gigi.

Tinggi Folat

Kandungan folat yang tinggi dalam daun bawang dapat membantu menurunkan tingkat homocysteine dalam tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Oregon State University, tingginya tingkat homocysteine dalam tubuh berbanding lurus dengan kemungkinan seseorang terkena serangan jantung. Semakin banyak folat yang dikonsumsi, maka semakin sedikit pula homocysteine yang diproduksi oleh tubuh. Makanlah daun bawang secara teratur untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain baik untuk menjaga kesehatan system kardiovaskular, tingginya kandungan folat pada daun bawang juga dirasakan manfaatnya untuk Ibu yang sedang mengandung. Folat berperan penting untuk menghindarkan janin dari kemungkinan cacat lahir, terutama pada masa awal kehamilan.

Bagus untuk Tulang dan Darah

Daun bawang juga kaya akan kandungan vitamin K yang dapat membantu melancarkan peredaran darah. Mengkonsumsi cukup vitamin K juga dapat mengaktifkan osteocalcin, protein penting untuk kesehatan tulang. Secangkir daun bawang mengandung 42 mikrogram vitamin K, yang merupakan 47% dari asupan harian yang dianjurkan untuk perempuan dan 34% untuk pria.

Menurunkan Berat Badan

Daun bawang sangatlah baik untuk program penurunan berat badan karena tinggi serat pangan tapi kandungan kalorinya rendah. Efek baiknya, Anda akan merasa kenyang lebih lama, tanpa kalori yang berlebihan. Selain itu, serat juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Masukkan daun bawang ke dalam menu harian untuk mendapatkan manfaat baiknya ya, Bu.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini