Memasak Garang Asem Ala Jepara

01268ca313b942745653eab774b0060561c1e2d9.jpeg

Bingung mau masak apa untuk makan siang nanti? Ayo mencoba membuat Garang asem. Makanan olahan ayam berkuah santan ini dimasak menggunakan daun pisang dan didominasi oleh rasa asam dan pedas. Karena proses memasaknya dengan cara dikukus, garang asem bisa dimasukkan dalam daftar makanan sehat bagi keluarga Anda.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat Garang Asem yang lezat dan sehat.

Ayam Kampung

Garang Asem biasanya dibuat menggunakan ayam kampung yang sudah dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil, seperti dada, sayap, dan kepala. Ayam kampung punya tekstur lebih lembut dan empuk dibandingkan ayam pedaging. Selain itu, juga mengandung lebih sedikit lemak, sehingga menjadi pilihan sumber protein yang lebih sehat dan mempercepat waktu memasak, demikian pernyataan dari situs Livestrong.

Penggunaan Belimbing Wuluh

Sesuai dengan namanya, Garang Asem memiliki cita rasa yang khas, yaitu rasa asam dan gurih. Penyumbang rasa asam adalah belimbing wuluh yang menjadi bumbu utama dalam sajian ini. Potong-potong belimbing wuluh dan masukkan sebelum Garang Asem dikukus. Setiap 100 gram belimbing wuluh mengandung 32 kalori, 7 gram karbohidrat, dan 25 mg vitamin C. Jika tidak menemukan belimbing wuluh, bisa juga menggantinya dengan tomat hijau.

Kurangi Garam

Dalam pembuatan Garang Asem, gunakan garam secukupnya agar tidak menghilangkan rasa asam yang khas. Tubuh membutuhkan garam untuk membantu mengatur jumlah air di dalam tubuh dan otot-otot agar berfungsi dengan baik. Kebanyakan orang makan lebih banyak garam yang dibutuhkan yaitu tidak lebih dari 2300 mg per hari. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, saat kadar natrium atau garam meningkat, tekanan darah akan naik sehingga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit stroke. Selain itu, kemampuan tubuh untuk mempertahankan cairan tubuh, akan menimbulkan efek bengkak pada bagian tubuh tertentu, seperti yang dirilis oleh Mayo Clinic.

Kurangi Santan

Santan dapat memberikan rasa gurih dan warna putih khas Garang Asem, tapi jangan menggunakannya terlalu banyak atau kental karena efeknya yang buruk bagi kesehatan. Penggunaan bumbu seperti kemiri juga membantu sajian terasa sedap dan lebih sehat. Menurut situs Livestrong, setap cangkir santan mengandung 57 gram lemak total atau  setara 87% dari nilai harian berdasarkan diet 2000 kalori. Mengonsumsinya secara berlebihan tidak hanya menambah berat badan tapi juga meningkatkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Membuat Garang Asem tidak terlalu rumit kok, gunakan tips-tips di atas untuk memberikan cita rasa sajian yang lezat dan juga sehat.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini