Masak-masak Sehat di Tahun Baru Yuk Bu!

1c77d13bb6d7d0c427988f741c9deeaf7ea86679.jpeg

Yumm... nikmatnya menyantap tenderloin empuk berbalut saus barbekyu yang kian menggoyang lidah. Apalagi saat menikmatinya sambil melihat pesta kembang api. Sungguh momen yang tak mudah terlupakan. Memakan hidangan yang lezat dan sehat cukup seru di tengah perayaan tahun baru. Tentu saja tidak setiap hari menikmati makanan enak secara terus-terusan di restoran.

Kabar baiknya, Anda kini bisa memasak sehat dengan praktik langsung di rumah. Kiat jitunya simak di bawah ini ya.

Gunakan olive oil untuk memanggang
Panggangan masih menjadi pilihan hidangan yang sehat di tahun baru. Gunakan olive oil saat mulai memanggangnya. Elaine Magee, MPH, RD, ahli kesehatan dari WebMD, menjelaskan olive oil termasuk minyak nabati yang banyak kandungan lemak sehatnya. Salah satunya adalah asam lemak omega-3 yang dapat menjaga kesehatan jantung dan membantu meningkatkan kecerdasan otak si kecil.

Gunakan oven untuk menggoreng
Bagaimanapun sajian gorengan tetap menjadi idola. Tapi, jangan menggoreng menggunakan wajan yang berisikan sekilo minyak kelapa di dalamnya. Menggoreng dengan teknik seperti ini hanya akan meningkatkan kandungan kolesterol dalam makanan. Beralihlah menggunakan loyang maupun pan khusus oven. Cukup percikkan canola oil atau olive oil pada makanan yang akan dipanaskan. Oven hingga berwarna keemasan. Elaine mengatakan memasak dengan cara ini dapat memangkas 500 kalori pada setiap hidangan.

Gunakan tepung gandum
Jarang sekali orang menggunakan tepung gandum untuk membuat adonan kue. Tahukah Anda jika tepung gandum memiliki kandungan serat lebih tinggi? Selain itu, kandungan gluten atau protein dari tepung gandum lebih sedikit daripada tepung terigu. Kandungan gluten ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi berlebihan. Manfaatkan tepung gandum untuk membuat muffin atau kue lezat di tahun baru.

Ganti gula tebu
Sebagai salah satu penyedap utama masakan, kehadiran gula memang sangat dibutuhkan. Namun, sumbangan kalori dari makanan yang banyak mengandung gula juga tidak kalah besar. Gantilah gula tebu dengan madu maupun pemanis alami dari buah-buahan. Lewat cara ini asupan yang Anda hidangkan bisa mengurangi jumlah kalori sebesar 387. Demikian yang disampaikan Elaine Magee dalam ulasannya.

Tunggu apalagi langsung mulai masak-masak sehat yuk, Bu.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini