Manfaat Buah Naga Merah untuk Kecantikan Kulit

d5b82bfc22c26d36f14c2e7b127b4d8f2046840f.jpeg

Dengan rasa dan bentuknya yang unik, buah naga merah memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya untuk kesehatan saja, ternyata buah naga merah juga bermanfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan kulit secara alami. Bagi Ibu yang memiliki masalah dengan kulit atau ingin merawat kulit secara alami, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan perawatan dengan menggunakan buah naga merah sebagai alternatif alami yang aman.

Yuk Bu, mari kita kupas manfaat buah naga merah untuk kecantikan dan kesehatan kulit berikut ini.

 

Menghaluskan dan melembabkan kulit

Kelembapan kulit harus selalu dijaga agar kulit selalu sehat. Apalagi jika Ibu memiliki aktivitas yang padat di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, polusi serta debu. Ibu bisa memanfaatkan khasiat buah naga merah untuk menjaga kelembapan kulit. Buah naga merah mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin C, E dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, buah naga merah juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar, akibat adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin C, protein, dan asam folat di dalam buah naga merah dipercaya ampuh dan efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati tersebut. Ibu bisa menggunakannya dengan cara menjadikan buah naga sebagai masker pada wajah dan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit tubuh.

 

Mencegah penuaan dini

Munculnya keriput, kerutan dan garis-garis halus, tentu akan membuat Ibu menjadi kurang percaya diri, karena membuat penampilan semakin tua. Munculnya tanda penuaan dini tersebut dapat disebabkan karena pengaruh radikal bebas. Dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi serta vitamin E dan betakaroten, buah naga merah akan membantu kulit dalam menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel. Ibu bisa mengonsumsi jus buah naga merah secara rutin. Namun untuk hasil perawatan yang lebih maksimal, Ibu juga dapat menghaluskan daging buah naga merah dan menggunakannya sebagai masker wajah secara rutin. Nutrisi antioksidan dalam buah naga merah bermanfaat untuk mencegah penuaan dini akibat paparan radikal bebas.

 

Mencegah dan menghilangkan jerawat

Jerawat yang timbul di wajah tentu akan mengganggu penampilan Ibu. Namun Ibu tak perlu khawatir, karena Ibu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan khasiat buah naga merah. Buah naga merah memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat berkhasiat dalam mencegah dan menghilangkan jerawat. Selain itu, buah naga merah juga bermanfaat untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat.

Caranya pun mudah, Ibu cukup mengambil sedikit potongan buah naga lalu haluskan. Setelah itu oleskan buah naga yang telah dihaluskan tersebut pada area wajah yang terkena jerawat. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu ya Bu. Tunggu olesan buah naga sampai kering, kemudian basuhlah dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

Mengobati kulit yang terbakar panas matahari

Tinggal di iklim tropis tentu Ibu akan sering terpapar sinar matahari, sehingga berisiko mengalami kulit kering, kemerahan, hingga terbakar. Manfaatkan kandungan vitamin B3 dalam buah naga merah yang cukup efektif untuk mengobati kulit yang terbakar panas matahari. Vitamin B3 bersifat menenangkan, melembabkan, dan mendinginkan kulit.

 

Melindungi dari radikal bebas

Buah naga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi untuk melindungi dari radikal bebas.  Warna merah pada buah naga merah merupakan kandungan fitokimia, yakni zat antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas, seperti polusi dan debu yang ada di sekitar lingkungan. Zat antioksidan ini juga berfungsi untuk membangun dan meningkatkan pertahanan sel kulit untuk selalu kuat dan sehat.