Lapar, Boleh Ngemil Apa di Larut Malam?

3ae8c12e25ff94243d006655d6dbb3618437f699.jpeg

Lapar memang tidak mengenal waktu. Tapi kalau datangnya larut malam lumayan mengganggu juga ya. Selain dapat mengacaukan diet Anda, malas juga jika harus menyiapkan makanan hanya untuk memuaskan rasa lapar.

Menahan lapar saat larut malam memang tidak menyenangkan. Solusinya makan saja kudapan sehat yang tidak hanya bernutrisi, tapi mampu mengenyangkan perut dan menghilangkan food craving yang datang tiba-tiba. Apa saja ya kudapan sehat itu?

Kacang Almond

Ketika hasrat makan menyerang di malam hari, kacang almond menjadi pilihan bijaksana untuk memuaskan lapar Anda. Menurut situs Fitday, kacang almond kaya akan lemak sehat, sarat vitamin E, B2, magnesium, kalsium, protein dan mineral. Selain membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama, kacang ini juga mampu menurunkan kolesterol dan melawan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi, jangan berlebihan mengonsumsi kacang almond ya.

Kiwi

Buah kiwi menjadi kudapan praktis di malam hari. Buah berdaging hijau atau kuning ini kaya akan potasium, serat, vitamin A dan E, serta antioksidan. Seperti dilansir situs Fitday, memakan buah kiwi tidak hanya bagus untuk diet karena kalorinya yang kecil, tapi juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, dan menurunkan kolesterol. Wih, lengkap banget ya! Yuk konsumsi 100 gram buah kiwi sehari agar kebutuhan vitamin C dan serat tubuh terpenuhi. Jumlah ini setara 3 buah kiwi dan Anda dapat memakannya seusai makan satu buah.

Sup Tomat

Puaskan rasa lapar Anda dengan memilih kudapan bebas rasa bersalah, seperti sop tomat. Disantap dalam keadaan hangat di malam hari, kalori dalam sop tomat tidak lebih dari 200 kalori, seperti yang dimuat di situs Shape. Anda bisa membuat sendiri sop tomat yang creamy atau membelinya dalam bentuk kaleng. Kandungan lycopene, pigmen warna merah pada tomat, yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh. Kombinasikan dengan sour cream rendah lemak untuk menambah citarasa sop tomat. Tubuh membutuhkan 100 gram sayur per hari dan Anda dapat memanfaatkannya dengan memakan atau menambahkan tomat segar 3 buah dalam sekali sajian.

Apel

Menurut situs Lovingfit, apel mengandung banyak mineral dan vitamin seperti magnesium, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, vitamin C, K, dan B6. Buah yang memiliki banyak varian ini juga mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan Anda. Selain itu, rasanya yang manis dan dagingnya yang berair dapat menghilangkan keinginan makan kudapan manis, saat lapar menyerang di malam hari. Konsumsi apel beserta kulitnya untuk mendapatkan lebih banyak vitamin dan serat. Anda dapat memakan apel 3 kali sehari, karena jumlah ini setara dengan kebutuhan buah harian sebanyak 300 kalori.

Sediakan camilan-camilan sehat dan bernutrisi di atas untuk mengusir rasa lapar di malam hari. Mari makan!


 [AP1]Sudah terlalu sering disebutkan di artikel lain. Lebih baik informasinya jangan terlalu sering diulang.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini