Kapan Tubuh Memerlukan Antibiotik?

705ceab628d18c8b2d6c396e20cd395442ba868d.jpeg

Antibiotik dikenal sebagai obat pembunuh bakteri penyebab infeksi seperti radang tenggorokan, sinus, dan lainnya. Obat ini juga memiliki kemampuan dalam meningkatkan imun tubuh sehingga Anda yang sedang sakit bisa sembuh dengan cepat. Tapi tahu tidak, ternyata obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Kalau ingin membelinya, harus disertai resep dokter. Mengapa ya demikian?

Dilansir dari WebMD, salah satu situs kesehatan asal Amerika, jika Anda minum antibiotik ketika tubuh dalam kondisi prima, obat ini tidak akan berfungsi sama sekali. Malahan, sistem imun bisa ikut turun dan badan terasa lelah. Setiap kali minum antibiotik saat tidak sakit, bakteri dalam tubuh akan semakin berkembang sehingga sulit untuk diusir nantinya. Jumlah bakteri yang semakin menumpuk akan menyebabkan infeksi yang serius.

Selain itu, antibiotik yang masuk ke dalam tubuh orang sehat akan menimbulkan efek samping seperti diare, alergi, iritasi usus besar, demam, hingga yang paling parah adalah kematian. Seram sekali ya?

Sebaliknya, jika sedang sakit, antibiotik akan membantu membangun imun tubuh dan membuat Anda sembuh lebih cepat. Tapi, kalau tidak punya resep dokter jangan coba-coba minum obat ini karena takaran yang salah bisa berakibat buruk.

Namun tidak semua penyakit bisa diatasi dengan antibiotik. Beberapa masalah yang disebabkan oleh virus seperti flu, bronkitis, dan infeksi telinga, tidak bisa disembuhkan oleh antibiotik.

Kalau menemui kerabat atau teman yang sama-sam mengonsumsi antibiotik, jangan coba-coba menggunakannya karena resep yang diberikan dokter berbeda. Ketika minum obat ini jangan lupa juga untuk mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu supaya tidak ada lagi bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Bagaimana cara minum antibiotik? Cukup ikuti resep dokter. Jangan menambahnya ataupun menguranginya. Kalau sampai hal tersebut terjadi, bukannya sembuh malah kondisi tubuh bisa semakin drop. Dalam beberapa kasus, konsumsi antibiotik yang berlebihan malah berujung pada perawatan darurat.

Bu, yuk jadi konsumen yang cerdas. Semoga informasinya bisa membantu ya!