725228a22abc87afc5c74126ba97069ad8a1f685.jpeg

Anak-anak selalu menyukai makanan manis seperti permen, gula-gula dan coklat. Tidak terhitung berapa permen dan cokelat yang dapat dihabiskannya dalam sehari. Lalu berapa kadar gula darah pada anak-anak ya? Tentu banyak orang yang bertanya berapa sebenarnya kadar gula yang normal dan sehat pada usia anak-anak. Simak ulasan Stephanie Crumley Hill, praktisi kesehatan anak asal Amerika, berikut ini ya.

Usia di bawah lima tahun

Untuk anak-anak yang baru lahir hingga usia lima tahun memiliki target gula darah yang normal adalah 100-200mg/dl. Gula darah setelah makan dan sebelum tidur harusnya dekat dengan jumlah maksimal gula darah normal. Jika kadar gula darahnya di bawah 150mg/dl, maka Anda harus memberikan camilan tambahan dan konsultasi pada dokter.

Usia 5-11 tahun

Anak-anak usia 5-11 tahun target gula darah normalnya adalah 70-150mg/dl. Sebelum makan, kadar gula darah normalnya harusnya mendekati 70mg/dl. Kemudian, setelah makan dan sebelum tidur kadar gula darah normalnya berkisar 150mg/dl.

Usia 12 ke atas

Bagi anak usia 12 tahun ke atas, kadar gula darah normalnya sama dengan orang dewasa yaitu 70 mg/dl sebelum makan dan 150mg setelah makan. Jika kadar gula darah anak mencapai 100mg/dl sebelum tidur, konsultasikan pada dokter tentang pemberian camilan sebelum tidur.

Itulah kadar gula normal yang seharusnya dimiliki oleh usia anak-anak. Anda sebagai orang tua harus mengontrol konsumsi gula yang berlebihan pada si kecil dengan memberikannya pola makan yang seimbang.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini