896a5815b5062176643f6ba0cac15eb9a3a7c513.jpeg

Manfaat daun sirsak memang banyak sekali, terutama untuk kesehatan tubuh. Apalagi ketika sebuah penelitian mulai membuktikan bahwa manfaat daun sirsak dapat melawan penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker.

Yuk Bu, kenali lebih dalam dan detil bagaimana daun sirsak dapat bermanfaat bagi kesehatan dengan mengenal zat-zat aktif yang terdapat di dalamnya. Daun sirsak memilki sejumlah zat aktif yang biasa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Beberapa zat aktif yang ada pada daun sirsak diantaranya adalah berikut ini.

 

Acetogenin

Studi yang dilakukan oleh Dr. Jerry McLaughlin dari Purdue University, Amerika Serikat menemukan adanya kandungan acetogenin pada daun sirsak. Zat tersebut bersifat antikanker yang sangat kuat.

Acetogenin adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. Produksi energi di dalam sel kanker atau tumor pun akan berhenti dan akhirnya sel kanker mati. Acetogenin juga menghambat oksidasi ubiquinone, sebuah enzim yang khas pada membran plasma sel kanker.

Acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Acetogenin pada sirsak sangat kuat dengan kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin. Acetogenin menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin. Tidak seperti obat-obat yang dipakai dalam kemoterapi, zat ini sangat selektif  dan hanya akan menyerang sel kanker yang memiliki kelebihan ATP, sehingga tidak menyebabkan efek samping, seperti rambut rontok, kulit kering, dan sebagainya.

 

Adriamycin

Manfaat daun sirsak sebagai obat anti kanker bekerja seperti obat kemoterapi, yaitu adriamycin. Seperti dikutip dari The Gale Encyclopedia of Cancer 2nd, adriamycin mengandung senyawa antikanker doxorubicin. Senyawa ini mampu menghambat aktivitas pembelahan DNA pada sel kanker, sehingga sel kanker sulit untuk tumbuh dan berkembang. Adriamycin juga dapat memberikan perlindungan terhadap sistem imun serta menghindari infeksi mematikan pada tubuh.

 

Antioksidan

Selain sebagai obat antikanker, daun sirsak juga bermanfaat melindungi tubuh dari bahaya kesehatan lainnya. dr.Hardhi selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia ( PDHMI) menyatakan sirsak kaya akan kandungan antioksidan karena di dalamnya terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit yang mengintai tubuh setiap saat.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini