Hemat Memilih Makanan Sehat

86650dbcdb72112af3f542a5871e604cdcf09a9a.jpeg

Bagaimana makan makanan bergizi sekaligus menjaga uang belanja tidak cepat menipis? Kabar baiknya, makanan sehat tidak selalu identik dengan mahal. Potong biaya makanan dengan lebih sering makan di rumah dan memasak sendiri makanan yang bernutrisi.

Sumber Protein yang Terjangkau

Protein merupakan elemen penting dari pola makan karena perannya dalam mempertahankan fungsi tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Sumber protein alami termasuk daging sapi, ayam, dan ikan. Untuk memotong biaya, pilih daging yang lebih murah, misalnya hindari membeli sirloin atau ribeye, gunakan paha ayam ketimbang dada ayam, serta pilih ikan tuna maupun salmon kalengan yang tetap tinggi kandungan protein dan lemak sehat. Bisa juga memilih sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, kedelai, dan produk olahannya seperti tempe maupun tahu. Anda bisa membuat chicken sandwich, botok tahu, tumis daging dan buncis, atau tuna salsa wraps.

Sumber Lemak Rendah Biaya

Lemak tetap dibutuhkan dalam pola makan yang sehat untuk mempertahankan kerja saraf, memfasilitasi fungsi otak dan pencernaan, serta sebagai sumber energi. Untuk mendapatkan lemak sehat tanpa membebani anggaran, pilih makanan seperti telur, yohurt, keju, alpukat, dan minyak sayur yang hanya dibutuhkan dalam porsi sedikit. Untuk sarapan, omelet sayur dengan tomat dan alpukat bisa jadi pilihan, yoghurt cocok jadi kudapan si Kecil, serta salad sayur dengan tambahan keju dan tetesan minyak zaitun yang akan jadi favorit saat makan malam.

Makanan Berkarbohidrat yang Murah

Karbohidrat menyediakan energi yang mudah dicerna oleh tubuh. Selain nasi dan oatmeal, Anda bisa memilih membeli ubi jalar, kentang, labu, pasta, dan beras merah. Beli dalam jumlah besar untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan dapat disimpan dalam jangka waktu lama. Sajikan baked potato, beras merah dengan kacang merah panggang, sop labu, dan kudapan dari ubi jalar untuk variasi menu sehari-hari.

Sayur dan Buah-buahan

Untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral, diperlukan konsumsi sayuran dan buah-buahan hingga 5 porsi setiap hari. Pilih sayuran dan buah-buahan yang sedang musimnya karena harganya lebih murah dan sesekali gunakan kesempatan untuk membelinya di supermarket yang sedang memberikan potongan harga. Anda juga bisa lho membeli dalam jumlah banyak kemudian membekukannya, misalnya pisang, alpukat, jagung, dan jamur. Ubah buah maupun sayur menjadi smoothie sebelum dibekukan, atau potong sayur kecil-kecil untuk dijadikan frozen vegetable yang juga dapat menghemat waktu memasak Anda.

Lakukan perencanaan menu agar Ibu dapat membelanjakan dana secara efektif dan menyajikan makanan yang tetap sehat dan bernutrisi bagi keluarga.