Gaya Seru Berenang yang Perlu Dicoba

b6d586d4c0f4c2fa08accb165275af372c7eb199.jpeg

Akhir pekan memang paling seru untuk dihabiskan dengan berenang. Olahraga ini akan membuat badan makin sehat dan juga mengubah mood jadi bagus. Selain itu kalau Anda sedang diet, berenang akan membantu membakar kalori sebanyak 475-750 selama 30 menit. Jumlah yang cukup banyak untuk membuat badan langsing dalam waktu singkat.

Selama ini banyak orang yang hanya mengetahui satu gaya untuk berenang. Padahal sebenarnya ada sekitar 4 gaya berbeda yang patut dicoba. Apa saja ya itu?

Gaya Bebas

Gaya ini adalah teknik paling dasar yang harus dikuasai kalau ingin mahir berenang. Gerakan ini diawali dengan dorongan kaki untuk membuat badan maju ke depan. Kemudian secara bergantian gerakkan lengan ke atas ke bawah untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kkaki juga harus terus menendang-nendang agar badan terus melaju ke depan. Dilansir dari situs kesehatan fitday, renang gaya ini akan membakar kalori sebanyak 476 dengan kecepatan standar.

Gaya Punggung

Gaya punggung hampir sama dengan gaya bebas. Bedanya hanya terletak pada posisi badan. Kalau pada gaya bebas, badan harus menghadap air. Sedangkan di gaya punggung, badan harus terlentang. Bagi perenang pemula, gaya ini cukup sulit jadi perlu latihan intensif untuk menguasainya. Tapi kalau sudah jago, Anda dan si Kecil pasti ketagihan. 

Gaya Dada

Dalam gaya dada, posisi tangan adalah kunci utamanya. Letakkan tangan tepat di depan dada seperti ketika beribadah. Kemudian tarik ke depan secara bersamaan hingga membentuk gerakan setengah lingkaran. Telapak tangan dan bahu menghadap ke bawah agar badan mendapat dorongan. Kaki harus terus menendang air supaya badan melaju dan Anda bisa berenang dengan lancar.

Gaya Kupu-Kupu

Gaya kupu-kupu merupakan yang paling sulit dalam renang. Anda harus menggerakkan tangan seperti kincir angin dan kaki layaknya lumba-lumba untuk bisa melaju. Meski begitu, gaya ini membakar kalori lebih banyak, yaitu 748 kalori dalam satu jam. Wow!

Mencoba berbagai macam gaya renang itu menyenangkan, apalagi kalau bisa menguasainya secara otodidak. Namun tetap perhatikan prosedur keselamatannya ya! Jangan lupa pakai kacamata renang untuk melindungi mata dan kenakan pakaian renang ringan supaya bisa bergerak bebas. Selamat berenang ya!

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini