Ganasnya Virus Dengue Saat Menyerang Tubuh

854782dbd433034085115fd7c3d7046982b72341.jpeg

Penyakit demam berdarah adalah penyakit yang sangat meresahkan masyarakat Indonesia. Sebagai negara yang beriklim tropis dan subtropis, Indonesia adalah negara yang rentan terjangkit penyakit ini saat musim hujan tiba. Namun, keresahan ini tidak diikuti dengan penanganan yang serius seperti melaksanakan kegiatan 3M (menguras, mengubur, dan memberi bubuk abate).

Menurut Dr. Ika Fitriana, demam berdarah adalah penyakit infeksi yang diakibatkan oleh virus dengue. Virus ini masuk ke dalam pembuluh darah dan menyerang dinding pembuluh darah. Akibatnya, terjadi reaksi komplek yang mengakibatkan pembocoran pembuluh darah. Inilah yang mengakibatkan turunnya trombosit dalam tubuh.

Penyakit demam berdarah ini jika tidak segera diatasi akan terjadi pendarahan saluran cerna yang ditandai dengan warna tinja yang hitam, pendarahan pada ginjal dan paru-paru, dan jika pada tingkat stadium akhir akan terjadi muntah darah.

Langkah awal dalam mengatasi penyakit ini adalah pemberian cairan yang cukup agar penderita tidak mengalami dehidrasi. Jika pemberian cairan melalui mulut tidak mencukupi, cairan harus diberikan melalui pembuluh darah vena atau infus oleh tenaga kesehatan.

Gejala demam berdarah diawali dengan demam mendadak tanpa sebab yang jelas, demam disertai kemerahan di wajah dan leher, dan timbul pendarahan baik di mulut, gigi, hidung, kulit, dan tinja. Anda juga perlu khwatir jika terjadi penurunan suhu secara tiba-tiba, karena ini menandakan DBD akan memasuki fase shock yang sangat berbahaya.

Seorang pasien demam berdarah harus memiliki daya tahan tubuh yang baik. Oleh sebab itu, diperlukan asupan makanan yang kaya gizi dan vitamin C. Jambu biji merupakan salah satu buah yang kaya vitamin C yang dapat membangun daya tahan tubuh untuk melawan virus dangue. Banyak orang beranggapan salah tentang buah jambu biji bahwa buah ini  dapat mengobati penyakit demam berdarah.  

Penanggulangan penyakit demam berdarah dapat dilakukan dengan; selalu menjaga daya tahan tubuh selalu fit, melaksanakan 3M, dan mendapat asupan makanan yang kaya gizi dan vitamin. Selalu lindungi anggota keluarga anda dari ancaman penyakit demam berdarah ini ya, Bu.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini