Dari Dapur Untuk Meringankan Gejala Asma

cd5eb414b5226897c4cb4035072cc423b22beb95.jpeg

Segarnya udara pagi setiap hari memang begitu mudah dirasakan. Apalagi jika cuaca sedang baik dan di sekeliling rumah banyak tanaman, rasanya udara yang dihirup memang begitu bersih untuk dirasakan dalam tubuh. Bagi Anda yang memiliki sistem pernapasan yang baik dan sehat, melakukan hal tersebut bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Sebaliknya, bagi yang memiliki masalah pernapasan seperti asma, menghirup udara segar tak sebebas yang dibayangkan.

 

Bila terlalu banyak debu atau suhunya terlalu dingin, udara yang dihirup justru bisa membuat asma kambuh. Kabar baiknya, problem pernapasan ini dapat diringankan dengan asupan nutrisi yang ada di dapur.

 

Apel

Buah yang terkenal sebagai pendulang kecantikan di era kerajaan Inggris kuno ini bisa jadi selalu tersedia di dapur. Rasanya yang segar dan gizinya yang melimpah memang membuat apel amat disayangkan jika tak sampai dimakan. Lebih dari itu, penelitian di Inggris menurut Robert Graham, MD, ahli kesehatan dari Lenox Hill Hospital, New York City, berhasil membuktikan kandungan flavonoid dari apel dapat membantu melancarkan sistem pernapasan. Dr. Robert juga menambahkan bila memakan apel 5 kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko asma kambuh hingga 32 persen.

 

Melon

Selain apel ada lagi buah-buahan segar yang sering ada di dapur saat musim kemarau tiba, apa lagi kalau bukan buah melon. Dr. Robert menyebutkan melon mengandung vitamin C yang cukup melimpah. Penelitian yang dilakukan di Jepang berhasil membuktikan bahwa konsumsi vitamin C secara rutin dapat membantu meringankan gejala asma agar tidak mudah kambuh. Hal ini tak luput dari peran vitamin C sebagai antioksidan dalam tubuh.

 

Wortel

Dapur memang gudangnya makanan, ada buah juga ada sayuran. Berikutnya ada wortel yang ternyata juga bagus untuk mendukung kesehatan organ pernapasan. Dr. Robert menyebutkan wortel mengandung beta-karoten. Sumber vitamin A bisa meringankan risiko timbulnya asma yang kerap terjadi secara tiba-tiba. Tak hanya itu, zat ini juga bisa menjaga mata dan daya tahan tubuh agar terus bisa sehat terjaga.

 

Telur

Makanan terakhir yang bisa dikonsumsi karena kandungan gizinya yang baik dan membantu meringankan gejala asma adalah telur. Menurut Dr. Robert, banyak orang mengaitkan alergi yang diakibatkan oleh telur bisa membuat asma kambuh. Padahal, kedua reaksi tersebut terjadi karena penyebab yang berbeda. Sebaliknya, telur kaya nutrisi yang bisa membantu melancarkan darah kaya oksigen ke paru-paru, sehingga dapat bekerja optimal dan tak mudah mengalami gangguan seperti asma.

 

Manfaatkan hidangan tersebut dalam menu harian agar kesehatan si kecil dan keluarga terjaga dengan baik.