Bekal Dari Rumah Lebih Baik

6304be7b3be9f4cbaefcad2c6e99ac6eacbfd531.jpeg

Membawakan anak bekal makanan ke sekolah akan membantu orangtua dalam banyak hal. Yang utama, orangtua jadi lebih tenang karena makanan yang disantap anak bisa terkontrol kebersihan dan kandungan gizinya. Selain itu, apabila usia anak memang sudah pantas diberi uang jajan, uang tadi bisa dihemat atau ditabung oleh anak.

Tentunya Ibu perlu memastikan anak menghabiskan bekalnya. Jika bekal ini untuk sarapan, makanan selingan, dan makan siang di sekolah, pastikan porsi dan menunya sesuai untuk tiga waktu makan tersebut. Ini berarti kita harus kreatif menyusun menu hariannya dan menyajikannya dengan tampilan yang cukup menarik dalam wadah yang praktis. Porsi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak makan, jangan sampai kekurangan, tetapi jangan pula berlebihan. Kita juga perlu membekali anak dengan minuman yang menyehatkan, seperti air putih, jus segar dari buah asli, atau susu.

BAHAN ILEGAL DALAM JAJANAN

Sebagai informasi,  jajanan anak yang sering dijual di dekat sekolah banyak yang mengandung zat kimia berbahaya (pengawet, pengenyal, pewarna tekstil) yang dapat mengganggu kesehatan. BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) menyebut bahan-bahan tersebut  sebagai bahan tambahan ilegal karena bahan-bahan yang dimasukkan sebenarnya bukan untuk makanan. 

Sebelumnya, pada 2010, penelitian yang dilakukan oleh Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K), dari RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, menguak banyak parasit Entamoeba histolytica di dalam jajanan anak, terutama jajanan pinggir jalan, yakni sekitar 72%.

Memang mungkin belum tentu di sekolah si Kecil terdapat jajanan semacam ini, tetapi tidak ada salahnya orangtua bersikap cermat dan membekali anak dengan pengetahuan mengenai makanan yang sehat.

AGAR ANAK TAK TERGODA JAJAN

      Berikan contoh yang baik. Jika orangtua tak suka jajan, otomatis anak pun akan meniru. Kebiasaan jajan dapat mengurangi nafsu makan anak. Kalaupun mau jajan, lakukan sesekali saja.

    Bersikap konsisten. Tak hanya orangtua yang konsisten tidak jajan sembarangan, akan tetapi juga semua orang yang tinggal serumah, entah itu kakek, nenek, bahkan pengasuh harus diberi tahu bahwa aturan ini bersifat menyeluruh.

    Jelaskan pada anak, ada saatnya ia boleh membeli makanan di luar, tetapi batasi pilihannya pada 2 atau 3 menu makanan yang menurut kita cukup sehat.  DANCOW ACTIGO UHT  merupakan contoh jajanan yang sehat, sekaligus dapat dibawa sebagai bekal yang praktis dari rumah.

Biasakan anak mengenal dan mengkonsumsi makanan sehat. Jika sudah terbiasa, anak dengan sendirinya akan menjauhi makanan-makanan yang tidak sehat tadi, dan memilih makanan rumah buatan Ibu yang lezat dan menyehatkan.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini