Apa Saja Manfaat Protein untuk Anak?

alt-1b.jpg

Agar tumbuh kembangnya berjalan optimal dan agar anak selalu sehat, ia membutuhkan asupan gizi seimbang. Salah satu zat gizi yang penting dalam mendukung tumbuh kembang anak adalah protein. Protein bisa diasumsikan sebagai balok yang membangun jaringan tubuh, termasuk otot dan sel otak. Selain itu protein juga bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Dari segi gizi, protein memiliki komposisi asam amino yang penting bagi sel tubuh.

Protein bisa didapat oleh anak melalui berbagai sumber pangan, baik yang nabati maupun hewani. Misalnya dari daging merah, daging ungags, ikan, telur, susu dan olahannya, biji-bijian, oelhan kacang kedelai, dan sebagainya. Tapia pa saja sih manfaat protein bagi anak? Yuk, baca penjelasan singkat mengenai manfaat protein bagi anak-anak berikut ini.

  1. Mendukung pertumbuhan sel

Protein berperan dalam membantu semua proses pertumbuhan sel tubuh dan memastikan sel-sel tersebut mendapat pasokan oksigen. Protein dibutuhkan untuk pembentukan kulit, rambut, kuku dan juga menyembuhkan luka.

 

  1. Memperkuat daya tahan tubuh

Protein turut bekerja sebagai pembentuk antibodi membantu menguatkan daya tahan tubuh dan juga membantu tubuh melawan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri maupun virus.

 

  1. Membangun otot

Salah satu manfaat protein adalah membangun, menjaga, dan mengganti jaringan-jaringan dalam tubuh. Seperti yang sudah disebutkan di atas, protein merupakan balok yang membangun tubuh dan juga merupakan zat besi yang sangat penting dalam pembentukan otot.

 

  1. Mendukung metabolisme

Protein berperan membentuk hormon dan juga enzim yang diperlukan untuk mendukung metabolisme tubuh yang baik.

 

  1. Sebagai sumber energi

Selain lemak dan karbohidrat, protein juga merupakan sumber energi bagi tubuh. Yang utama tubuh memang akan menggunakan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi. Protein akan disimpan sebagai cadangannya untuk digunakan jika sangat dibutuhkan.

 

Mengingat pentingnya manfaat protein bagi tumbuh kembang anak, maka penting bagi anak untuk mendapat asupan protein yang cukup selama masa pertumbuhannya. Yuk Bu, selalu pastikan anak mendapat asupan gizi seimbang dari sumber pangan yang bervariasi, minum air yang cukup, aktif bergerak dan mendapat istirahat yang cukup agar ia selalu sehat.

 

 

 

Sumber:

https://theactivefamily.org/why-is-protein-important/

https://righttoprotein.com/why-protein-rich-diet-is-important-for-kids-health/

https://parenting.firstcry.com/articles/protein-for-kids/

https://www.alodokter.com/fungsi-protein-penting-mendukung-tubuh-siap-beraktivitas