7 Makanan Yang Jarang Diduga Tinggi Gula

e653c6e541595bfc96e0d113232d810f5537c90b.jpeg

Biasanya, gula yang berlebihan terdapat pada makanan manis, seperti permen, es krim, cokelat, soda dan karamel. Ternyata bukan hanya makanan dengan rasa manis saja lho yang punya gula tinggi, makanan-makanan berikut juga mengandung gula yang tinggi meskipun banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Produk Makanan Rendah Lemak

Makanan rendah lemak adalah makanan yang jarang diduga memiliki kandungan gula yang tinggi. Padahal banyak produsen yang menambahkan gula untuk membuat produk mereka memiliki banyak rasa. Otomatis hal itu membuat produk makanan rendah lemak memiliki kandungan gula yang lebih tinggi daripada produk makanan yang lainnya. Makanan rendah lemak yang harus diwaspadai karena kandungan gulanya yang tinggi adalah makanan yang dimasak dengan cara dipanggang, seperti kue, cookies, pie, es krim dan selai kacang.

Bumbu Tambahan dan Saus Barbekyu

Saus barbekyu dan bumbu tambahan untuk memanggang, sering sekali digunakan untuk menambah rasa dari daging ataupun ikan ketika memasak. Saus barbekyu botol mengandung banyak sekali gula tersembunyi. Jika membaca label nutrisi pada kemasannya, gula pertama yang tercantum sebagai bahan pembuatnya adalah sirup jagung. Untuk menghindari gula dari saus barbekyu, Anda bisa membuat saus barbekyu sendiri. Lebih enak dan tentu saja menghemat biaya.

Saus Tomat

Siapa di sini penggemar saus tomat? Anda harus mulai mengurangi makan produk yang satu ini, karena ternyata saus tomat mengandung banyak gula. Satu sendok makan saus tomat mengandung satu sendok teh gula. Rata-rata setiap orang mengonsumsi 4-5 sendok makan saus tomat per harinya. Ironisnya, banyak orang yang belum mengetahui kalau saus tomat tinggi akan gula.

Yogurt

Yogurt seringkali menjadi menu wajib ketika berdiet. Sayangnya, dalam 6 ons yogurt rasa buah mengandung sekitar 7 sendok teh gula. Makan yogurt akan memberikan tubuh Anda protein, kalsium dan prebiotik yang bagus untuk menjaga kesehatan dan berat badan. Tapi sebaiknya, jika ingin makan yogurt pilihlah plain yoghurt dan tambahkan buah segar sendiri daripada memilih yogurt dengan rasa buah buahan.

Kacang Tanah dan Selai Kacang

Kacang dan selai kacang adalah pilihan yang tepat untuk membuat Anda merasa kenyang. Kacang mengandung banyak protein, namun pada pengolahannya menjadi selai kacang seringkali produsen menambahkan gula untuk membuat rasa mereka semakin manis.

Snack Bar

Snack bar memang menjadi pilihan yang tepat ketika Anda sedang terburu-buru. Namun ternyata, snack bar yang terdiri dari kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering tersebut mengandung banyak gula tambahan untuk membuat rasa mereka menjadi lebih manis.

Oatmeal dan Sereal Dingin

Makan semangkuk oatmeal dan sereal dingin di pagi hari merupakan pilihan yang tepat untuk memulai hari. Namun beberapa sereal sehat seperti granola dan sereal kismis mengandung banyak gula tambahan. Carilah sereal yang mengandung kurang dari 5 gram gula agar sarapan Anda semakin sehat.

Mengetahui kandungan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi adalah langkah pertama manjauhkan Anda dari gangguan kesehatan. Dengan mengetahui hal ini, pola makan sehat yang bebas dari gula akan semakin membuat Anda menjalani hidup yang sehat.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini