5 Kesalahan Pasca Berolahraga

6479aa7ceaf162feef4d5fe794c8ee92d3955510.jpeg

Daripada tidak melakukan apa-apa di rumah, olahraga merupakan pilihan aktivitas yang tepat. Selain dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, olahraga juga bisa membentuk tubuh agar lebih langsing dan ideal. Meskipun begitu, ada beberapa kesalahan yang ternyata dapat membuat olahraga yang Anda lakukan menjadi tidak maksimal.

Membiarkan tubuh dehidrasi
Kadang saking semangatnya untuk berolahraga, beberapa orang ada yang lupa membawa air putih. Air sangat dibutuhkan untuk menjaga proses metabolisme tetap berjalan normal. Bob Seebohar, praktisi kebugaran dari Amerika Serikat, menjelaskan saat olahraga, metabolisme akan berjalan lebih cepat. Hal ini karena tubuh membakar kalori lebih banyak. Jika tidak diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup akan mudah menyebabkan dehidrasi pasca olahraga.

Menjauhi karbohidrat dan protein
Kesalahan berikutnya yang sering dilupakan usai berolahraga adalah tidak segera makan karbohidrat dan protein yang cukup. Menurut Bob Seebohar, sebagian orang menjauhi kedua makanan ini karena  khawatir pasokan kalori yang berlebihan. Karbohidrat dan protein termasuk dua nutrisi yang diperlukan untuk mengembalikan stamina dan membentuk otot tubuh lebih maksimal. Bukan langsung menjauhinya, melainkan mengontrol porsinya agar tidak berlebihan.

Langsung mandi
Kebiasaan salah lainnya pasca olahraga adalah langsung mandi. Biarkan keringat yang ada dalam tubuh keluar secara keseluruhan. Menurut Bob, hal ini bisa menyebabkan ada bakteri yang tertinggal dan membuat tubuh kembali berkeringat usai mandi. Konsumsi makanan bernutrisi dan minuman yang cukup, baru setelahnya Anda bisa mandi dan melanjutkan aktivitas lainnya.

Meminum soda
Minuman kaleng yang mengandung soda memang berasa menyegarkan saat diminum setelah berolahraga. Apalagi jika minumannya dingin, rasa dahaga pun seolah hilang. Jangan terlena dulu, karena Bob menyebutkan bahwa minum minuman bersoda usai berolahraga hanya akan meningkatkan risiko dehidrasi pada tubuh. Soda dapat mengikat oksigen dalam tubuh dan mengubahnya menjadi karbondioksida sehingga akan membuat kondisi tubuh lebih kering dan ingin minum terus. Air putih tetap menjadi pilihan minuman yang tepat pasca olahraga.

Tidak menyiapkan sumber gizi yang cukup
Jangan terlalu tergesa-gesa untuk pergi olahraga. Siapkan segala perencanaannya secara matang, tak terkecuali pemilihan sumber gizi yang tepat untuk disantap baik sebelum maupun sesudah olahraga. Hal inilah yang biasanya membuat latihan kurang maksimal karena kalori yang dikeluarkan oleh tubuh tak sebanding dengan asupan gizi yang dimakan, bahkan cenderung kurang. Sebuah pisang sebelum olahraga dan sandwich roti gandum dengan irisan salmon panggang dan sayuran lengkap dapat menjadi sumber gizi sehat penunjang latihan. Demikian yang disampaikan oleh Bob Seebohar dalam lansirannya di Live Strong.

Hindari kesalahan-kesalahan pasca berolahraga tersebut agar hasil olahraga kita bisa maksimal ya!