3 Ide Resep Menggunakan Protein Nabati

alt-1b.jpg

Protein adalah salah satu zat gizi yang penting untuk di dapat anak selama masa tumbuh kembangnya dan bisa didapat dari berbagai sumber pangan. Misalnya daging merah, daging unggas, makanan laut, telur, susu dan juga produk olahannya. Tetapi jangan khawatir jika karena satu dan lain hal anak tidak bisa bisa mengonsumsi protein hewani seperti yang disebutkan tadi, atau apabila anak termasuk anak yang picky eater. Ada banyak sumber pangan protein nabati kok, Bu. Misalnya tempe dan tahu dari kacang kedelai yang tentu banyak ditemui dalam masakan Indonesia. Protein nabati juga bisa didapat dari kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, almond, quinoa, chia seeds, dan sebagainya.

Dari bahan pangan sumber protein nabati tadi Ibu dapat menyajikan berbagai menu sehat bergizi seimbang bagi anak. Jika bingung hendak diolah menjadi menu apa, berikut ini adalah 5 ide resep lezat bergizi dari Sahabat Nestlé yang mengandung protein nabati.

  1. Tumis Tahu Buncis

Ada banyak menu lezat yang dan praktis yang bisa Ibu buat dengan menggunakan tahu sebagai sumber protein nabati. Salah satunya adalah Tumis Tahu Buncis yang resep lengkapnya bisa Ibu lihat di link ini. Menu ini kaya gizi karena selain menggunakan tahu juga menggunakan buncis dan juga jamur. Jangan lupa, agar asupannya tetap seimbang, Ibu dapat menyajikan 2/3 bagian dari satu porsi Tumis Tahu Buncis ini untuk anak.

 

  1. Mini Tahu Telur

Ini adalah menu berbahan dasar tahu lainnya dengan tambahan telur yang juga merupakan sumber protein yang bisa Ibu coba di rumah. Bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya yang mudah membuat menu ini cocok jika disajikan sebagai menu sarapan untuk anak dan keluarga. Yuk simak resep lengkapnya Tahu Mini Tahu Telur dengan klik link ini.

 

  1. Avocado Strawberry Salad

Alpukat adalah salah satu buah sumber protein nabati. Selain dibuat jus atau smoothies, Ibu juga bisa menyajikan alpukat dalam berbagai macam sajian lezat bergizi. Salah satunya adalah Sushi Popsicle, menjadikan sushi dan kacang edamame yang juga sumber protein sebagai toping dari menu sushi yang dibentuk lucu sehingga membuat anak tertarik untuk mencobanya. Cara membuatnya mudah, kok. Ibu bisa melihat resep dan cara membuat Sushi Popsicle dengan klik link ini.

 

Tentunya masih ada banyak menu sehat bergizi lain yang bisa Ibu buat dengan menggunakan berbagai sumber protein nabati. Jangan lupa untuk selalu memanfaatkan sumber pangan yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak ya, Bu.

 

 

Sumber:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/11-sumber-protein-nabati-terbaik/#gref

https://www.alodokter.com/5-makanan-ini-sumber-protein-nabati-yang-baik-untuk-anak

https://www.superhealthykids.com/recipes/12-non-meat-protein-sources-for-kids/

https://www.sahabatnestle.co.id/content/resep/avocado-strawberry-salad.html