Ini Dia Tips Olahraga Bagi Si Sibuk

e58853760c3c58c3f8de1b5e9ed0a96fba59efe5.jpeg

 

Rutin berolahraga adalah salah satu cara agar badan selalu fit. Namun tak semua orang punya kesempatan menjalaninya. Apalagi jika Ibu adalah seorang pekerja kantoran yang memiliki segudang aktivitas. Berangkat ngantor di pagi hari dalam keadaan masih mengantuk dan baru pulang ketika gelap datang saat kondisi badan telah letih.

Lalu, kapan bisa berolahraga? Pertanyaan itu barangkali sering terlintas di pikiran Ibu.

Nah, jawaban mendasar atas pertanyaan tadi adalah niat. Ya, Ibu memang harus memiliki niat agar rencana itu terwujud. Setelah memiliki niat yang kuat, aktivitas sesederhana apapun bisa menjadi kegiatan olahraga yang membakar kalori. Berikut beberapa tips berolahraga bagi yang sibuk bekerja:

Jalan Cepat
Sebelum bersiap-siap berangkat ngantor, Ibu bisa mengisi waktu dengan berolahraga. Tak usah yang berat. Berjalan kaki atawa brisk walking bisa menjadi pilihan. Lakukan selama sekitar 40 menit. Meski terkesan sederhana, tapi manfaat olahraga ini sudah teruji. Orang yang bisa memulai hari dengan berolahraga, khususnya brisk walking, akan memiliki daya tahan saat beraktivitas di kantor.

Jika tak memiliki cukup waktu di pagi hari, cara olahraga ini bisa Ibu lakukan pada sore atau malam hari, sepulang bekerja. Namun pilihan waktu ini memiliki kelemahan. Tujuan Ibu berolahraga adalah demi kebugaran tubuh. Kebugaran itu Ibu butuhkan sebelum memulai pekerjaan di pagi hari. Adapun saat malam, tubuh lebih butuh istirahat.

Selain itu, udara pagi lebih sehat bagi ketimbang sore atau malam hari bagi tubuh. Apalagi jika Ibu tinggal di kota besar seperti Jakarta yang berdebu. Jadi, sebaiknya Ibu bangun pagi dan sisakan waktu untuk berolahraga. Semua demi berat badan ideal tetap terjaga, kan? Jika Ibu sedang hamil, tak perlu takut untuk mencoba jenis olahraga ini. Seperti dilansir Merdeka.com, jalan cepat ini juga bermanfaat untuk Ibu hamil karena mengurangi resiko keguguran. Banyak manfaatnya, kan?


Peregangan di Waktu Senggang
Tubuh Ibu pasti lelah saat dipaksa duduk seharian. Maka, tak ada salahnya untuk melakukan peregangan saat mendapat waktu luang. Ketika menyelesaikan satu pekerjaan dan bakal melanjutkan pekerjaan lainnya? Stop! Luangkan waktu sejenak untuk melakukan peregangan.

Tak usah melakukan gerakan sulit. Seperti dikutip dari situs MetrotvNews, Ibu bisa melakukan gerakan sederhana seperti menggerakan otot lengan ke atas, samping, dan belakang selama beberapa saat. Jika Ibu lelah duduk, lakukan gerakan itu sembari berdiri. Jangan lupa mengolah napas saat melakukan gerakan ini. Tarik napas sepanjang mungkin, tahan, lalu lepaskan secara perlahan. Dampaknya, tangkapan oksigen paru-paru akan lebih penuh. Tubuh pun kembali bugar. Berat dapat tetap ideal.


Lakukan Aktivitas Sendiri
Tantangan bagi seorang pegawai kantoran adalah terbiasa meminta tolong kepada orang lain untuk melakukan hal ringan seperti membuat minuman atau menggandakan dokumen. Hei, kenapa Ibu tak melakukannya sendiri? Terlalu banyak duduk dan menatap layar komputer tak baik bagi kesehatan. Jadi, jika Ibu memiliki kesempatan untuk bergerak, maka, bergerak lah! Kegiatan ini bisa membuat tubuh Ibu tak kaku karena otot terus terlatih untuk lentur. Aliran darah juga terpacu. Selain itu, banyak aktivitas membuat kalori terbakar. Potensi kelebihan bobot pun bisa dihindarkan. Berat badan ideal yang diidamkan bisa didapatkan.

So, olahraga di tengah kesibukan bekerja bukan perkara mustahil, kan? Intinya adalah niat yang kuat. Dengan begitu, waktu yang terbatas pun tak lagi menjadi halangan. Selamat mencoba.