Ingin Turunkan Berat Badan Dalam Sebulan, Bisa!

34e4608d0d59a46b97260ee8a1727382a56fa98b.jpeg

Bentuk tubuh yang ideal dan sehat memang selalu memberikan kepercayaan diri tersendiri bagi masing-masing orang yang memilikinya. Tubuh lebih fleksibel untuk digerakkan dan lebih bebas memilih beragam pakaian yang ingin digunakan. Kelebihan ini bisa jadi menjadi sebuah keberuntungan bagi sebagian orang. Sebab, tak semuanya bisa memiliki tubuh yang ideal semacam itu. Kurangnya latihan dan masih belum totalitas dalam menerapkan gaya hidup sehat dapat menjadi alasannya.

Jika Anda ingin mencoba menurunkan berat badan dalam waktu sebulan, kiat pintar berikut ini layak untuk dicoba.

Harapan yang masuk akal
Semua orang sah-sah saja berharap memiliki tubuh yang proporsional lewat program hidup sehat. Namun, hal itu harus realistis dengan usaha yang dilakukan. Menurut Andrea Cespedes, praktisi kebugaran Amerika yang sudah bergelut dengan dunia fitness selama hampir 20 tahun, idealnya dalam satu bulan berat badan bisa diturunkan pada kisaran 1,6-1,8 kg. Atau, jika dikonversikan dalam minggu, berat badan bisa turun 0,4-0,9 kg. Jumlah inilah yang harus Anda yakini agar tak berharap yang berlebihan.

Pengurangan kalori
Setelah memahami konsep penurunan berat badan ideal, berikutnya mulai untuk mengurangi asupan kalori dalam menu harian. Andrea Cespedes menyatakan pengurangan jumlah kalori baiknya tak sampai di bawah 1200 kalori. Hal ini akan menyebabkan tubuh kondisi tubuh menurun dan kekurangan banyak energi. Yang perlu diprioritaskan di sini adalah asupan serat seperti sayuran dan buah sebagai pengganti makanan gorengan dan manis yang tinggi kalori.

Aktivitas kardio
Usai mengatur pola makan yang sehat, berikutnya imbangi dengan aktivitas fisik yang lebih optimal. Anda dapat melakukan latihan kardio yang dapat mempercepat pembakaran energi dalam tubuh. Lemak-lemak akan diubah menjadi tumpukan otot yang lebih utuh, sehingga bentuk tubuh tampak lebih atletis. Lakukan secara rutin agar proses pembakaran lemak bisa berjalan secara berkelanjutan. Demikian yang disampaikan dalam Journal of Obesity.

Latihan tambahan
Selain latihan kardio, tambahkan juga aktivitas fisik yang lain. Agendakan menjadi rutinitas harian yang  lebih variatif. Anda bisa memasukkan kegiatan lari di hari senin dan rabu, renang di hari selasa dan kamis, joging di hari jumat dan aerobik serta kardio di akhir pekan. Kombinasi latihan yang seperti ini dapat membantu memaksimalkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Pungkas Andrea Cespedes dalam lansirannya di Live Strong.

Well, semoga sukses ya dengan program penurunan berat badannya.