Efek Samping Soda Bagi Kesehatan

9bea79489b0d7cb8c1d9784cdf69a645c55eafee.jpeg

Berbicara tentang minuman bersoda, hal pertama yang mungkin akan terpikirkan adalah minuman kaleng yang banyak dijual dalam kotak pendingin otomatis. Selain mudah didapatkan dan harganya terjangkau, minuman ini juga semakin menjadi tren gaya hidup modern di masa sekarang. Bahkan orang-orang lebih memilih memperbanyak minum minuman bersoda daripada air putih yang nyata-nyata menyehatkan.

Padahal, minum soda yang terlalu banyak akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Public Health, mengemukakan konsumsi soda dapat mempengaruhi regenerasi sel yang erat hubungannya dengan proses penuaan dini. Penelitian ini menggunakan 5.309 sampel DNA orang yang meminum soda sebanyak 591mL setiap hari. Hasilnya, terjadi pemendekan telomer pada sel darah putih yang berimbas pada proses penuaan 4-6 tahun lebih cepat.

Lauren Kessler, pemimpin penelitian sekaligus penulis Counterclockwise, menjelaskan bahwa telomer merupakan semacam penutup di bagian belakang kromosom. Telomer ini mirip plastik yang membungkus DNA selama proses pembelahan sel. Penelitian lebih lanjut menambahkan ukuran telomer yang semakin pendek dapat menghentikan proses pembelahan sel. Padahal, proses ini memiliki peran yang penting untuk membuat kulit tampak awet muda.

Bukan hanya itu saja, efek pemendekan telomer juga akan berpengaruh terhadap munculnya beragam masalah kesehatan. Misalnya saja, peradangan, resistensi insulin dan kerusakan oksidatif pada jaringan. Elissa Epel, Ph.D, profesor psikiatri dari University of California menyebutkan konsumsi rutin gula tambahan yang ada dalam soda bisa membuat gangguan metabolisme di samping kerusakan sel yang berakibat pada penuaan dini.

Elissa Epel juga menegaskan hubungan antara gula dalam minuman bersoda dengan telomer yang tak normal dapat mempengaruhi kontrol gula darah dalam tubuh. Apabila hal ini terjadi, orang yang gemar minum minuman bersoda akan mudah mengalami obesitas. Efek jangka panjang dari gangguan ini akan mengarah ke timbulnya penyakit gula darah. Tak lain dan tak bukan, yaitu diabetes. Begitu besar dampak yang ditimbulkan  dari hobi minum minuman bersoda bagi kesehatan. So, mulai kurangi dan beralih ke air putih dan minuman yang lebih sehat lainnya, seperti jus buah dan sayur yuk!