Cara Tepat Mengolah Telur

7baf09f93843408706baf5eef9b76734edb1f9f2.jpeg

Telur adalah makanan yang kaya akan protein hewani dan mudah dicerna. Makanan ini juga tergolong sumber protein yang sangat baik dan harganya relatif murah. Telur bisa dimasak menjadi berbagai macam masakan. Tetapi, cara mengolah telur dalam masakan berbeda-beda tergantung hidangan apa yang kita buat. Ketika mengolah telur, perhatikan cara yang tepat untuk setiap hidangan, agar tekstur makanan sesuai dan cita rasa yang didapat semakin lezat.

Tip Mengolah Telur

1. Sebelum diolah, keluarkan telur dari kulkas dan diamkan 30 menit. Hindari merebus telur langsung dari kulkas karena telur bisa retak.

2. Jika Anda ingin membuat adonan kue, jangan memecahkan telur langsung ke dalam adonan. Ini untuk menghindari ternyata telur sudah busuk.

3. Untuk poached egg (telur rebus tanpa kulit), gunakan telur baru karena kuning telur akan berada di tengah dan putih telurnya tidak menyebar ketika direbus.

4. Tambahkan dua sendok makan krim kental atau susu tawar cair pada setiap dua butir telur untuk omelette atau orak-arik. Penambahan susu akan menjadikan omelette lebih lembap dan gurih.

5. Pada proses pembuatan cake, telur harus dikocok hingga mengembang kaku. Tandanya kaku, jika adonan telur diambil dengan sendok, ketika sendok dibalik kocokan telur tidak jatuh. Kocokan telur yang mengembang kaku akan menghasilkan tekstur cake yang empuk dan mengembang sempurna.

6. Pastikan semua peralatan kering dan bebas air dan minyak ketika akan mengocok telur. Air dan minyak akan menyebabkan telur tidak dapat mengembang dengan baik saat dikocok menggunakan mixer.

7. Cookies atau kue kering lebih sering menggunakan kuning telur sebagai campuran adonan. Kuning telur membuat cita rasa kue kering lebih gurih, aroma lebih harum, dan renyah.

8. Memasak telur sebaiknya matang dengan sempurna (dimasak 10 menit) untuk menghilangkan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan.

9. Jangan memasak telur terlalu lama. Telur yang dimasak terlalu lama seperti saat membuat telur pindang dapat merusak kandungan nutrisi terkandung.

10. Jika Anda menghendaki telur setengah matang, rebus telur 5-6 menit dihitung dari pertama telur dimasukkan ke dalam air mendidih.

11. Telur matang lembut yaitu bagian putih sudah mengeras dan bagian kuning berwarna kuning dan masih lembut. Diperlukan waktu memasak 8-10 menit dihitung dari waktu pertama telur dimasukkan ke dalam air mendidih.

12. Telur matang keras, bagian putih dan kuningnya sudah mengeras. Diperlukan waktu merebus 10-12 menit dihitung dari mulainya telur dimasukkan ke dalam air mendidih.

Bukan hanya cara mengolah telur, sebelum proses memasak dimulai, tentu kita perlu memilih dan menyimpan telur  dengan cara yang tepat pula. Yuk, cermat di dapur untuk menyajikan yang terbaik bagi keluarga tersayang.