Berapa Banyak Anak Perlu Minum untuk Mendapat Manfaat Air Putih?

AUG (12) Berapa Banyak Anak Perlu Minum untuk Mendapat Manfaat Air Putih.jpg

Air merupakan salah satu komponen utama dari tubuh kita. Pada 1 tahun pertama usia anak, volume air total dalam tubuhnya mencapai 65-80% dari berat badan. Seiring bertambahnya usia anak, persentase ini menjadi 55-60% dari berat badan saat anak berusia remaja. Oleh sebab itu, anak membutuhkan cairan yang cukup untuk mendukung aktivitasnya dan juga untuk menjaga kesehatannya. Nah, air putih, maupun air mineral, tentunya merupakan sumber cairan yang baik bagi anak.

 

Apa manfaat minum air putih?

Manfaat air putih bagi anak termasuk untuk mendukung kerja organ tubuh, mengatur suhu tubuh, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta membantu proses pencernaan. Sepanjang hari selama melakukan aktivitas harian anak kehilangan cairan tubuh, diantaranya melalu keringat dan saat buang air, sehingga anak perlu minum air putih dengan jumlah yang cukup agar tidak sampai kekurangan cairan atau dehidrasi.

 

Apa manfaat air mineral?

Selain air putih biasa, air mineral juga bisa menjadi pilihan asupan cairan anak. Air mineral adalah air yang memiliki kandungan mineral tertentu, misalnya potasium, magnesium, kalsium, dan sodium. Air mineral bisa berupa air dari sumber air alami yang kemudian diproses untuk menambahkan mineral. Oleh sebab itulah salah satu manfaat air mineral adalah untuk membantu mendapatkan tambahan asupan mineral bagi tubuh.

 

Berapa banyak anak perlu minum dalam sehari?

Menurut buku  Pedoman Gizi Seimbang 2014, kebutuhan cairan berbeda-beda pada umur masing-masing individu berdasarkan usia, jenis kelamin, massa otot, dan lemak tubuh. Pada rentang usia 0-12 tahun tubuh memerlukan cairan sebanyak 1800mL, menginjak usia 13-15 tahun jumlah cairan yang dibutuhkan meningkat sebanyak 200mL menjadi 2000 ml atau setara dengan 8 gelas per hari.

 

Yuk Bu, selalu pastikan anak mendapat asupan cairan yang cukup setiap hari yang dapat berasal dari makanan dan minuman. Cairan berupa minuman dapat berasal dari air putih atau air mineral, susu, atau jus buah asli. Sedangkan cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

***

 

Sumber: 

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kebutuhan-air-pada-anak 

https://kidshealth.org/en/kids/water.html 

https://healthy-kids.com.au/food-nutrition/drinks/water/ 

https://www.parents.com/kids/nutrition/healthy-eating/water/ 

https://www.webmd.com/diet/health-benefits-mineral-water#1 

https://www.healthline.com/nutrition/mineral-water-benefits#drawbacks 

http://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/berapa-takaran-normal-air-agar-tidak-kekurangan-cairan-dalam-tubuh 

https://promkes.kemkes.go.id/?p=8498