Bagaimana Memilih Produk “Pilihan Lebih Sehat” bagi Keluarga

Bagaimana Memilih Produk “Pilihan Lebih Sehat” bagi Keluarga.jpg

Makanan dan minuman yang Ibu sajikan bagi keluarga merupakan salah satu kunci dalam menjaga kesehatan keluarga. Produk yang Ibu pilih, baik yang berupa bahan pangan segar maupun makanan dan minuman kemasan, turut menentukan pengaruh terhadap pola makan keluarga yang terbentuk. Jadi, jika Ibu ingin mendukung kesehatan keluarga, tentunya Ibu perlu cermat dalam menentukan yang mana yang merupakan pilihan lebih sehat bagi keluarga.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Ibu memenuhi keranjang belanja dengan bahan pangan dan produk kemasan yang lebih sehat saat berbelanja bagi keluarga. Simak, yuk!

 

Tips Memilih Produk “Pilihan Lebih Sehat”

  1. Untuk bahan pangan segar, pilih yang berkualitas baik dan masih dalam keadaan segar. Pastikan pula kebersihannya.
  2. Saat memilih produk dalam kemasan kaleng, pilih yang rendah sodium dan kadar gulanya aman atau tidak berlebihan.
  3. Untuk produk kering, seperti buah kering, pilih yang tidak menggunakan gula tambahan.
  4. Selalu periksa tanggal kadaluwarsa produk kemasan sebelum membeli.
  5. Selalu baca label pada kemasan untuk memastikan bahan-bahan yang digunakan dan kandungan gizinya. Terutama jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap bahan pangan tertentu.
  6. Untuk produk yang terbuat dari gandum, pilih yang menggunakan gandum utuh dan cek kadar bahan bakunya apakah sesuai dengan klaim. Misalnya pada roti, sereal sarapan, pasta, dan sebagainya.
  7. Memilih produk yang difortifikasi vitamin dan mineral agar dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak.
  8. Pilih camilan sehat, misalnya jus yang terdiri dari 100% buah asli dan produk makanan atau minuman yang kandungan lemak, gula, dan garam dalam batas wajar serta tidak berlebihan.
  9. Pastikan kemasan produk yang Ibu beli dalam keadaan baik dan tidak rusak.
  10. Pilih produk minuman siap konsumsi dengan logo “Pilihan Lebih Sehat” dari BPOM yang tujuan dari logo ini memang membantu masyarakat memilih produk yang lebih sehat diantara produk sejenis.

BPOM sudah mengeluarkan logo “Pilihan Lebih Sehat” untuk produk minuman siap konsumsi. Logo ini bisa menjadi acuan bagi Ibu karena minuman siap konsumsi yang memiliki logo “Pilihan Lebih Sehat” di kemasannya berarti telah memenuhi kriteria berdasarkan kandungan gula, garam, lemak (GGL) dibandingkan dengan produk sejenisnya dan bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Termasuk di beberapa produk minuman kemasan siap konsumsi dari Nestlé Indonesia, lho. Diantaranya Milo UHT, Dancow UHT dan Bear Brand. Dengan adanya logo “Pilihan Lebih Sehat” tersebut, artinya, produk-produk Nestlé Indonesia tersebut sudah memenuhi syarat memiliki kandungan gula total kurang dari 6g/100ml dan tanpa pemanis buatan.

 

Sumber:

https://food.detik.com/info-kuliner/d-5195554/bpom-keluarkan-logo-pilihan-lebih-sehat-untuk-makanan-kemasan-apa-artinya 

https://www.verywellfamily.com/groceries-healthy-family-grocery-lists-2633923 

https://www.webmd.com/parenting/family-grocery-shopping-tips#1 

https://kidshealth.org/en/parents/food-shopping.html 

https://www.nhlbi.nih.gov/health/educational/wecan/eat-right/choosing-foods.htm