Alasan Kurang Tidur Bikin Otak Tak Fokus

791da57bd0d9434453f02ea3d53d0bae2e6c869e.jpeg

Pernahkah Anda merasa kurang konsentrasi setelah begadang semalaman? Jika iya, tahukah jika hal ini disebabkan oleh otak yang merasa lelah karena kurang tidur. Menurut Dokter Robert Rosenberg, DO., dalam keadaan lelah otak akan sulit untuk mengingat dan konsentrasi.

Sebuah penelitian oleh University of California, San Diego telah melakukan uji coba pada 55 pasien sleep apnea atau apnea tidur, yaitu penyakit berhenti nafas saat tidur dengan menguji kadar kartisol setiap dua jam dalam kurun waktu 24 jam.

Penelitian ini berkesimpulan, jika gangguan daya ingat saat tidur disebabkan oleh kurangnya oksigen yang masuk ke dalam otak. Selain itu, peningkatan hormon kartisol dapat mengganggu bagian otak yang bernama hipokampous yang berperan besar dalam menyimpanan memori jangka panjang.

Penderita insomnia atau seseorang yang kurang tidur, memiliki kadar kartisol, atau hormon stres yang tinggi. Inilah yang menyebabkan otak sulit mengingat dan konsentrasi jadi terganggu. Oleh karena itu, pastikan Anda bisa tertidur dengan lelap setiap malam selama 6-8 jam ya. Ini adalah waktu tidur ideal yang telah disarankan.

Sebagian orang memang memiliki masalah sulit tidur, coba lakukan relaksasi seperti, melakukan yoga, menyemprotkan aroma terapi, atau mendengarkan musik klasik. Dengan tubuh dan pikiran yang rileks, Anda akan segera tertidur kok.

Semoga tidur Anda semakin nyenyak ya.