5 Hal yang Harus Diselesaikan Sebelum Akhir Tahun

a32d80ad0d25fbf27cc9b4eef168b16210e1b51b.jpeg

Desember sudah tiba, agenda akhir tahun pun sudah menanti banyak di depan mata. Bagi sebagian orang, bulan ke-12 ini merupakan bulan yang cukup spesial. Selain pergantian tahun, ada Natal yang juga sangat dinantikan. Sedangkan bagi ibu, Desember menjadi hari spesial tersendiri. Sebab, dalam bulan ini pula ada perayaan khusus, yaitu Hari Ibu Nasional yang jatuh setiap 22 Desember. Terlepas dari banyaknya momen penting ini, sudahkah Anda berpikir bahwa resolusi yang Anda gagas tahun lalu terealisasi semua?

Jika masih ada yang belum, lima hal berikut ini mungkin bisa mengingatkan agenda yang sempat terlupakan.

Hutang dan janji
Hal pertama yang tak boleh sampai terlupakan dan sebaiknya perlu diselesaikan sebelum tahun baru adalah hutang dan janji. Buka kembali buku maupun catatan tentang hutang yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Begitu juga dengan janji yang pernah Anda utarakan pada orang lain. Cobalah untuk mengingatnya kembali. Lunasi semua janji dan hutang tersebut, agar tahun depan dapat disambut tanpa beban.

Kebiasaan buruk dan hidup sehat
Salah satu resolusi yang sering dibuat menyambut tahun baru adalah kesehatan. Banyak orang berharap bisa menjalani hidup sehat dan berupaya meninggalkan kebiasaan buruk yang bisa merugikan kesehatan. Sayangnya, hal tersebut tak selamanya lancar dan kadang hanya sebatas angan-angan. Daripada membuat harapan yang sama untuk tahun berikutnya, mending mulai dijalankan di sisa bulan yang masih ada. Dengan begitu, tahun depan tinggal menyempurnakannya saja.

Memaafkan orang lain
Sebagian orang begitu tidak terima dengan sakit hati yang diakibatkan oleh orang lain. Ada baiknya, mulai mengubah pola pikir yang lebih positif dan melupakan hal-hal yang kurang bermanfaat dalam hidup. Tak ada untungnya juga berlama-lama memendam rasa dendam atau sakit hati yang berkepanjangan. Di samping akan membuat Anda kurang bahagia, juga akan menambah beban pikiran. Maka dari itu, move on dan lebih bijak jika mampu memaafkan.

Membuang hal yang tak perlu
Mungkin Anda tak sadar jika tahun ini terlalu gemar belanja. Sampai-sampai barang yang dibeli ada yang tak jelas fungsinya buat apa. Daripada memenuhi rumah dan membuat penat, cobalah untuk membuangnya. Tentunya bukan asal membuang. Jika masih bagus, Anda bisa menjualnya kembali dan uangnya bisa ditabung untuk keperluan keluarga dan si kecil yang lebih penting.

Jauhi hal negatif
Junk food dan makanan tak sehat lainnya sebaiknya mulai Anda hindari. Meski rasanya lezat dan banyak digandrungi, tetapi makanan ini tak pernah memberikan manfaat yang berarti bagi kesehatan. Sebagai gantinya, makanlah sayuran, buah dan makanan sumber nutrisi lainnya. Demikian juga dengan lingkungan atau pergaulan yang selama ini terkesan negatif bagi si kecil maupun keluarga. Hindari mereka dan mulailah untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang yang bisa mendukung keberhasilan Anda di tahun berikutnya.

Sudah tahu kan hal-hal apa saja yang perlu Anda bereskan sebelum awal tahun baru tiba?

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini