10 Cara Menuju Pola Makan yang lebih Sehat

02 - 10 Cara Menuju Pola Makan yang lebih Sehat untuk Memaknai Hari Pangan Sedunia.jpg

Pola makan sehat bukan hanya penting untuk menjaga kesehatan keluarga, tetapi juga bagi masa depan anak. Pasalnya, pola makan sehat tentu lebih baik jika sudah diterapkan sejak usia dini. Anak jadi terbiasa dengan menu makan yang sehat, gemar makan sayur dan buah, tidak pilih-pilih makanan dan tentunya terpenuhi kebutuhan gizi hariannya. Berikut ini adalah 10 cara menuju pola makan yang lebih sehat yang bisa Ibu mulai terapkan di rumah.

  1. Mulai hari dengan serapan sehat bergizi seimbang sebagai bagian dari pemenuhan gizi harian dan sebagai bekal energi untuk memulai hari. Diikuti dengan makan siang dan makan malam bergizi seimbang dan camilan sehat.
  2. Libatkan anak dalam menyiapkan menu sehat supaya ia mengenal bahan pangan dan zat gizi yang ia santap. Tentunya tak perlu setiap kali memasak, misalnya satu kali dalam seminggu.
  3. Terapkan kebiasaan makan bersama keluarga. Misalnya saat sarapan atau saat makan malam dimana semua anggota keluarga sedang ada di rumah.
  4. Konsumsi lebih banyak sayuran dan buah, selain sebagai sumber serat juga sebagai sumber vitamin dan mineral.
  5. Gunakan bahan pangan yang bervariasi saat menyiapkan menu sehat. Selain untuk membantu memenuhi asupan gizi seimbang, juga agar anak kaya rasa dan tak jadi picky eater.
  6. Saat memilih produk makanan dan minuman kemasan, selalu perhatikan label nutrisi yang tertera pada kemasan dan pilih yang lebih sehat bagi keluarga.
  7. Kurangi penggunaan gula dan garam. Termasuk penggunaan pemanis tambahan dalam makanan dan minuman kemasan.
  8. Pilih atau buat camilan yang bisa sekaligus menjadi sumber gizi dan juga sumber energi. Apalagi bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan aktif bergerak.
  9. Olah bahan pangan dengan cara yangtepat sehingga kandungan gizinya tetap terjaga.
  10. Minum cairan yang cukup. Air putih adalah pilihan yang utama. Jika ingin minuman lainnya, pilihlah yang sehat dan bergizi. Misalnya susu atau jus buah segar sambil tentunya memperhatikan kandungan gulanya.

Yuk Bu, selalu biasakan pola makan sehat dan seimbang dengan menggunakan berbagai variasi jenis pangan dalam keluarga tercinta supaya Ayah, Ibu, anak dan anggota keluarga lainnya selalu sehat dan bugar.

 

Sumber:
https://familydoctor.org/tips-for-healthy-children-and-families/
https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/nutrition-basics/daily-tips-to-help-your-family-eat-better
https://www.center4research.org/ten-easy-tips-get-family-eating-healthy/

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini