693b0955ebf90a756e5d4d9a027e5b1ed9f2b517.jpeg

Bayi rewel saat menjelang tidur seringkali membuat Ibu khawatir, apalagi bila tangisannya tidak berhenti. Untuk menenangkan bayi rewel, ketahui dulu apa yang membuatnya menangis.

Biasanya, bayi rewel terus-terusan disebabkan oleh berbagai hal, seperti lapar, buang air besar/kecil atau ia tengah demam. Jangan panik, mengetahui penyebab tangisan bisa mengatasi bayi rewel lebih cepat. Bayi rewel dan menangis adalah cara mereka berekspresi.

Menurut Harvey Karp, MD, dokter anak dari Amerika Serikat, kebanyakan bayi rewel di malam hari karena kesulitan menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim. Karena itu, coba lakukan hal-hal berikut ini untuk membuatnya tidak rewel lagi.

Gendong

Saat bayi rewel, angkat dan gendong tubuhnya. Kemudian, ayun-ayunkan dengan lembut hingga ia lebih tenang. Gerakan ini juga mengingatkan bayi pada saat ia masih berada di dalam janin, sehingga bisa membantunya beradaptasi.

Usap-Usap Kepalanya

Sentuhan lembut Ibu bisa mengatasi bayi rewel. Dengan menyentuh atau mengusap-usap kepalanya lembut, Ibu bisa menstimulasi perasaan nyaman ke bayi. Sentuh juga kaki, perut dan punggungnya, karena menurut penelitian sentuhan lembut di tubuh sangat efektif untuk menenangkan bayi.

Dengarkan Musik Lembut

Menenangkan bayi rewel dengan musik yang lembut juga cukup efektif. Alunan musik yang tenang bisa menenangkan denyut jantungnya sehingga ia tidak lagi menangis. Ibu juga bisa menyanyikan lagu lembut di telinga bayi agar ia merasa lebih nyaman.

Berbicara Lembut

Seperti menyanyi, berbicara lembut pada bayi saat ia menangis bisa membantu menghentikan rewelnya. Suara ibu yang menenangkan adalah cara komunikasi yang baik, dengan menunjukkan bahwa Ibu mencoba mengetahui apa yang membuatnya menangis. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan kontak antara Ibu dan bayi.

Tetap Tenang

Yang paling penting, tetaplah tenang dan jangan panik saat bayi tengah rewel. Bila Ibu panik, bayi justru akan semakin kencang tangisannya karena ia bisa merasakan dan bereaksi terhadap apa yang Ibu lakukan. Bila Ibu tenang, bayi pun akan lebih cepat tenang dan tidak rewel lagi.

Daftarkan email Anda untuk informasi terkini