Langkah-Langkah Mengatasi Demam Pada Anak

2159bc2f941bec92c281a4566ff74407a84c952e.jpeg

Demam pada anak dapat diatasi dengan cepat. Demam pada anak juga membuatnya jadi lebih rewel, jadi Ibu harus lebih sabar dan pastikan anak selalu merasa nyaman. Berikut ini beberapa hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantuk menurunkan demam pada anak:

1. Kompres

Mengatasi demam pada anak yang bisa dilakukan di rumah salah satunya adalah dengan kompres. Gunakan kompres hangat, untuk mengurangi panas di tubuhnya. Hindari menggunakan kompres dingin karena bisa membuat pembuluh darah di bawah kulit menjadi sempit dan demamnya akan terus berlanjut.

2. Berikan Obat Penurun Panas

Untuk menurunkan demam pada anak, berikan obat penurun panas yang mengandung parasetamol atau ibuprofen. Jika kondisi badan si kecil menurun, walaupun suhu badannya belum mengalami kenaikan signifikan, Ibu dapat memberikannya obat penurun panas yang dosisnya sesuai dengan usianya.  

Segera hubungi dokter bila demamnya tidak kunjung sembuh. Demam pada anak juga perlu diwaspadai bila berlangsung lebih dari tiga hari, atau disertai sesak, kejang, nyeri otot dan sakit kepala berat.

3. Ganti Pakaiannya

Saat demam, si kecil cenderung berkeringat dan kepanasan. Ganti pakaiannya secara berkala, dan berikan pakaian yang sejuk dan berbahan ringan. Segera ganti pakaiannya bila telah basah oleh keringat.

4. Konsumsi Air Putih Lebih Banyak

Ketika terserang demam, si kecil jangan dibiarkan terkena dehidrasi. Ibu perlu memberikan air putih lebih banyak daripada biasanya, walaupun si kecil belum merasa haus. Pada bayi, memberikan ASI dapat menjadi alternatif agar tidak kekurangan cairan tubuh.