Cara Mudah Tetap Sehat dan Aktif Bersama Anak di Rumah

Cara Mudah Tetap Sehat dan Aktif Bersama Anak di Rumah.jpg

Di masa sekarang ini, menjaga kesehatan tentu menjadi prioritas bagi Ibu dan keluarga. Menjaga kesehatan anak bisa Ibu lakukan melalui berbagai hal. Misalnya dengan memastikan anak tetap aktif bergerak walau di rumah saja dan memastikan ia mendapat asupan gizi seimbang setiap harinya. Nestlé Indonesia pun turut mendukung agar anak lebih sehat, melalui berbagai edukasi kebiasaan baik yang bisa Ibu terapkan di rumah. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mudah yang dapat Ibu lakukan agar tetap sehat dan aktif bersama anak di rumah.

 

  1. Sajikan sarapan lezat, bergizi, sekaligus menarik

    Sarapan memiliki banyak sekali manfaat, termasuk untuk mendukung kerja organ tubuh, menyediakan bahan bakar untuk tubuh dan otak, sumber enrgi untuk aktivitas anak, meningkatkan mood, dan dukung beragam aktivitas sehari-jari. Karena itu sarapan perlu dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak. Nah, agar sarapan anak bergizi seimbang dan anak semangat menghabiskan sarapannya, Ibu dapat menyajikan berbagai menu sarapan lezat, bergizi, sekaligus menarik. Mislanya dengan mengombinasikan berbagai bahan pangan dan produk dari Nestlé Indonesia seperti NESTUM, sereal sarapan MILO dan KOKO KRUNCH sebagai variasi menu sarapan yang telah difortifikasi dengan zat-zat gizi yang diperlukan tubuh.

     

  2. Sajikan sayur dan buah dengan menu yang disukai anak

    Buah dan sayur, khususnya sayuran, seringkali menjadi masalah bagi Ibu ketika hendak menyajikan menu bergizi seimbang bagi anak. Padahal buah dan sayur merupakan sumber zat gizi mikro yang penting bagi tumbuh kembag anak. Untuk menyiasatinya, Ibu dapat menyajikan buah dan sayur dalam menu yang disukai anak dan menyajikan sayuran secara menarik dalam piring anak. Ibu pun bisa mengajak anak turut menyiapkan menu tersebut dengan menggunakan buah dan sayuran. Ibu bisa temukan berbagai inspirasi resep sayur dan buah di situs Sahabat Nestlé, termasuk ide mengkreasikan berbagai resep dengan produk Nestlé Indonesia.

     

  3. Ajak anak aktif bermain

    Agar tetap sehat, anak juga perlu aktif bergerak untuk membantu mengembangkan kemampuan motorik, mengembangkan kemampuan koordinasi tubuh, mendukung kesehatan dan kekuatan otot dan tulang, mencegah obesitas, mendukung kualitas tidur anak, mendukung kesehatan mental dan membangun kepercayaan diri anak. Selain dengan mengajak anak melakukan aktivitas olahraga di rumah, Ibu juga bisa mengajak anak melakukan berbagai permainan seru yang melibatkan aktivitas fisik. Misalnya bermain lompat tali, main engklek, main voli menggunakan balon, bergoyang mengikuti musik, dan masih banyak lagi.

     

  4. Makan bersama keluarga

    Walaupun lebih sering bersama dan berinteraksi di rumah dibanding dulu, tetapi makan bersama keluarga tetap bisa memberikan berbagai manfaat bagi anak, termasuk untuk mendukung kesehatannya. Pasalnya, melalui aktivitas makan bersama keluarga, anak dapat belajar pola makan yang baik dan mendukung terpenuhinya kebutuhan gizi harian anak. Dengan makan bersama orang tua juga jadi bisa memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak.

     

Ibu tentu juga bisa melibatkan anak dalam merencanakan aktivitas bermain dan menyiapkan makanan sehat di rumah supaya anak semakin semangat. Menyiapkan menu dan merencanakan aktivitas juga dapat membantu Ibu dalam membangun rutinitas Ibu dan anak di rumah dan juga membantu untuk membagi waktu untuk mendampingi aktivitas anak dan melakukan aktivitas rumah tangga.

 

Sumber:

https://sahabatNestlé.co.id/category/resep 

https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/fitness/Pages/Encouraging-Your-Child-to-be-Physically-Active.aspx 

https://sahabatNestlé.co.id/healthier-kids 

https://www.todaysparent.com/family/activities/15-ways-to-keep-kids-active-indoors-even-if-you-dont-have-much-space/ 

https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/COVID-19/Pages/Helping-Kids-Stay-Active-During-COVID-19.aspx